Breaking News:

Ramadan

Sama Seperti Hari Biasa, Saat Puasa Pun Wajib Konsumsi Air Putih Delapan Gelas

Saat Ramadan, pembagiannya disesuaikan dengan momen sahur, menjelang imsak hingga berbuka puasa.

Warta Kota/Nur Ichsan
Ilustrasi minum air putih. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mengonsumsi air putih yang cukup selama bulan Ramadan sangat dianjurkan, karena dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Lalu berapa banyak air yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari?

Dokter Pinky Regina Garmiati dari Balai Kesehatan Olah Raga Masyarakat (BKOM) Bandung mengatakan bahwa mereka yang berpuasa disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Ini dilakukan untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi selama berpuasa.

Jumlah ini sama seperti konsumsi cairan saat hari biasa, namun saat Ramadan, pembagiannya disesuaikan dengan momen sahur, menjelang imsak hingga berbuka puasa.

“Tetap kita harus mengusahakan minum delapan gelas air per hari seperti hari-hari normal,” ujar dr Pinky, dalam talk show live Instagram @radiokesehatan, baru-baru ini.

Jumlah tersebut sebenarnya ideal dikonsumsi oleh mereka yang berusia dewasa dan memiliki berat badan normal. Sedangkan untuk yang memiliki berat badan kurang maupun lebih, ada sedikit perbedaan pada jumlah konsumsi air minumnya.

Baca juga: Dari Kantor Biro Arsitektur Hingga Menjadi Masjid Cut Meutiah

Baca juga: Tetap Bahagia Saat Ada Masalah dengan Nathalie Holscher, Sule: Gue Harus Happy Apapun yang Terjadi

“Ini delapan gelas per hari adalah untuk orang dengan berat badan normal usia dewasa ya. Jadi kalau misalnya orangnya kurus atau orangnya gemuk, mungkin jumlah cairannya akan berbeda sedikit,” jelas dr Pinky.

Untuk rincian konsumsi air putih bagi mereka yang memiliki berat badan normal, dua gelas air bisa dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Kemudian setelah menunaikan salat tarawih hingga menjelang tidur, lanjutkan dengan mengonsumsi empat gelas air.

Selanjutnya satu gelas air dikonsumsi pada saat peralihan dari bangun tidur hingga melakukan sahur. Lalu menjelang imsak, konsumsi satu hingga dua gelas air pun dianggap cukup.

Sehingga mereka yang hendak berpuasa tidak perlu khawatir, karena kebutuhan cairan tubuh akan tetap terpenuhi selama ramadan.

“Nah (rincian) aturan delapan gelas ini bisa diminum pada saat berbuka dua gelas, pada saat selesai salat tarawih hingga menjelang tidur itu boleh sampai empat gelas. Nanti bangun tidur untuk sahur satu gelas serta satu sampai dua gelas (terakhir) menjelang imsak, jadi kebutuhan cairannya tetap terpenuhi,” kata dr Pinky. (Fitri Wulandari)

Editor: Agus Himawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved