Breaking News:

Alih Profesi

Fuad Faturahman Pilih Jadi Peternak Kambing ketimbang Sebagai Pegawai BUMN

Hidup merupakan suatu pilihan, langkah itu yang diambil seorang pria bernama Fuad Faturahman yang tinggal di Desa Tegal, Kemang, Kabupaten Bogor.

Warta Kota/Yudistira Wanne
Fuad Faturahman, mantan pegawai BUMN, yang tinggal di Desa Tegal, Kemang, Kabupaten Bogor, beralih profesi sebagai peternak kambing. Profesi itu dipilih karena lebih menggiurkan. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Hidup merupakan suatu pilihan, itu langkah yang diambil seorang pria bernama Fuad Faturahman yang tinggal di Desa Tegal, Kemang, Kabupaten Bogor, kala memilih suatu profesi.

Pada tahun 2019, tekad Fuad sudah bulat untuk melepaskan pekerjaannya di salah satu perusahaan BUMN dan memilih untuk fokus menjadi peternak kambing etawa.

Ide awal Fuad untuk menjadi peternak kambing etawa rupanya tidak lepas dari rekan kantornya ketika dia masih menjadi staf di salah satu perusahaan BUMN.

Ketika itu, Fuad kerap diminta perusahannya untuk mencari kambing untuk menjadi kurban saat Hari Raya Idul Adha.

Baca juga: VIDEO Korban PHK Covid-19 di Ciputat Jadi Peternak Ikan Cupang, Kini Omsetnya Ratusan Juta Rupiah

Baca juga: Harga Telur Anjlok, Peternak Ayam Telur Khawatir

Seiring berjalannya waktu, permintaan mencari kambing semakin tinggi hingga akhirnya Fuad melihat peluang dan mulai merintis menjadi peternak kambing.

"Awalnya saya hanya jadi calo kambing pada tahun 2013, saat saya masih bekerja di salah satu perusahaan BUMN. Saat itu saya mendapatkan orderan dari atasan, saya disuruh cari kambing, lama kelamaan bukan hanya atasan, namun  karyawan lain pun pesan ke saya untuk kurban," ujarnya.

"Dari tahun ke tahun permintaan pesanan kambing dari perusahaan saya bekerja itu semakin bertambah. Di sanalah saya mulai berpikir untuk membangun peternakan kambing dan jadi peternak kambing," sambungnya.

Fuad pun tidak memungkiri bahwa peternakan yang dia rintis merupakan hasil dari gaji perusahaan BUMN dan upah ketika dia ditugaskan mencari kambing kurban.

"Jadi peternak saat itu hasil nyalo dan gaji dari tahun 2013 hingga 2019. Saya kumpulkan untuk modal membeli kambing dan membuat kandang yang awalnya saya bangun hanya satu kandang dan diisi 10 ekor kambing," ungkapnya.

Baca juga: VIDEO VIRAL Peternak Buang Ribuan Butir Telur ke Sawah, Protes Harga Telur yang Terus Anjlok

Baca juga: Berikan Bantuan, Ade Yasin Minta Peternak Ayam dan Ikan di Pamijahan Tingkatkan Kualitas Produksi

Fuad membeberkan, saat ini jumlah kambing yang dipelihara sudah mencapai ratusan ekor, mulai dari kambing etawa hingga kambing lokal.

Halaman
12
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved