Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Melambat karena Pasokan Terhambat, Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan Khusus Kelompok Prioritas

Ia menuturkan, sesuai rencana di Bulan Maret-April, kapasitas penyuntikan ditargetkan 500 ribu per hari.

istimewa
Nantinya, kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, saat 30 juta dosis vaksin yang seharusnya datang pada April, laju vaksinasi akan dikebut sampai penyuntikan vaksin 1 juta per hari. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi Covid-19 menurun saat memasuki Bulan Ramadan, lantaran pasokan vaksin terhambat.

Ia menuturkan, sesuai rencana di Bulan Maret-April, kapasitas penyuntikan ditargetkan 500 ribu per hari.

"Tapi sepertinya kalau kita lihat tadi grafiknya akan terjadi penurunan di Bulan Ramadan," ungkap Nadia dalam webinar IDI, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: TNI Tegaskan Vaksin Nusantara Bukan Program Mereka, tapi Mendukung Asal Sesuai Kriteria BPOM

Sebagai langkah antisipasi, vaksinasi diberikan kepada kelompok-kelompok tertentu dan prioritas.

Nantinya, ujar Nadia, saat 30 juta dosis vaksin yang seharusnya datang pada April, laju vaksinasi akan dikebut sampai penyuntikan vaksin 1 juta per hari.

"Nanti datang 30 juta dosis, artinya kalau kita mau menyelesaikan 30 juta dosis tersebut, maka kapasitas penyuntikan dosis kita harus satu juta per hari," ungkap Nadia.

Meski ada embargo vaksin dari India, pemerintah masih memiliki harapan dengan bekerja sama empat negara yang memproduksi vaksin, yaitu Sinovac (Cina), AstraZeneca (Inggris), Novavax (Amerika-Kanada), dan Pfizer (Jerman).

Update Vaksinasi

Sejak program vaksinasi Covid-19 dimulai pada 13 Januari 2021, pemerintah sudah menyuntikkan dosis pertama kepada 10.966.404 (27,25%) penduduk hingga Selasa (20/4/2021) pukul 09.00 WIB.

Sedangkan dosis kedua sudah diberikan kepada 6.064.340 (15,03%) orang.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved