Breaking News:

Layanan Audio Chat Facebook Akan Dirilis Musim Panas 2021, Seperti Apa Keunggulannya?

Layanan Audio Chat Facebook Akan Dirilis Musim Panas 2021, Seperti Apa Keunggulannya? Simak selengkapnya di dalam berita ini.

CNN.com
Logo Google dan Facebook 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Aplikasi Facebook tak hanya sekadar berwarna ketika ingin membuat sebuah platform audio chat untuk menyaingi Clubhouse.

Ambisi dan semangat itu nampaknya akan segera terwujud kala Facebook bakal meluncurkan layanan audio chat-nya yang mirip Clubhouse. Hal ini sejalan dengan pernyataan perusahaan milik Mark Zuckerberg yang mengumumkan sejumlah produk yang menekankan pada konten audio.

Menurut Facebook, produk ini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan, namun baru hadir untuk sejumlah pengguna tertentu sebagai permulaan. Nantinya layanan ini akan terlebih dahulu diujicobakan pada beberapa komunitas Facebook sebelum dilepas secara global.

Laporan laman The Verge, Selasa (20/4/2021) menyebutkan, Facebook tengah bersiap merilis aplikasi audio chat untuk mengalahkan dominasi Clubhouse yang tengah naik daun sejak 6 bulan terakhir.

Baca juga: Awal Ramadan, OVO dan UniPin Siap Bagi THR Untuk Para Gamers

Nama fitur audio chat Facebook itu adalah 'Live Audio Rooms' yang dikabarkan akan tersedia pada musim panas mendatang atau sekitar Juni.

Fitur Live Audio Rooms akan terlebih dahulu diluncurkan ke kelompok dan tokoh masyarakat sebagai bentuk dari pengujiannya. Selanjutnya fitur ini bakal dirilis di layanan Messenger agar seluruh pengguna Facebook bisa ikut memakai layanan mirip Clubhouse ini.

Selain itu, pengguna juga bisa merekam percakapan mereka dan mendistribusikannya lewat aplikasi lain. Setelah itu, pengguna bisa mengenakan akses berbayar dengan biaya yang ditentukan agar konten audio mereka baik melalui langganan atau sekali bayar.

Agar orang-orang bisa bergabung, Facebook akan memperkenalkan Audio Creator Fund untuk mendukung para membuat konten audio baru. Semua percakapan di Live Audio Rooms dapat diubah menjadi "Soundbites".

Soundbites adalah fitur lain yang bakal dirilis Facebook dan memungkinkan orang membuat dan berbagi klip audio berdurasi singkat. Soundbites akan muncul di News Feed yang lebih luas. Pengguna bisa merekamnya di tools terpisah di Facebook.

Baca juga: KSAD Ungkap Prajurit TNI yang Membelot ke OPM Baru Berumur 24 tahun, Masuk Tahun 2015

CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Soundbites memiliki kemiripan dengan Reels, sebuah fitur video singkat di Instagram yang merupakan anak perusahaan Facebook. Mark mengatakan bahwa Instagram juga mempunyai fitur serupa yang merupakan pesaing TikTok, namun bentuknya audio.

"Gambaran di sini adalah kami berpikir tentang audio, tentu akan menjadi kelas satu dan bahwa semua produk yang berbeda dibangun di seluruh spektrum ini," Zuckerberg.

Facebook berencana akan melebarkan sayap bisnisnya demi mengambil sektor pasar yang lebih besar dalam podcasting. Sebagai wujud keseriusan, Facebook mulai merekomendasikan acara dan episode berdasarkan minat pengguna.

Akan ada lebih dari 170 juta orang di Facebook terhubung ke halaman yang ditautkan ke podcast nanti. Selain itu terdapat lebih dari 35 juta orang adalah aggota grup podcast yang nantinya akan bergabung dalam layanan Live Audio Rooms. (FANDI PERMANA)

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved