Breaking News:

Breaking News

BREAKING NEWS: Gempa Bermagnitudo 6,4 Guncang Barat Daya Nias Barat, Getarannya hingga Aceh Singkil

Menurut siaran informasi BMKG, Selasa (20/4/2021), gempa dengan magnitudo 6,4 terjadi di barat daya Nias Barat, Sumatera Utara.

istimewa
Daerah barat daya Nias Barat, Sumatera Utara diguncang gempa dengan magnitudo 6,4, pada Selasa (20/4/2021) pukul 06.58. Foto ilustrasi: Seismograf, alat pencatat gempa. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --  Barat daya Nias Barat, Sumatera Utara diguncang gempa dengan magnitudo 6,4, pada Selasa (20/4/2021) pukul 06.58.

Menurut siaran informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan magnitudo 6,4 terjadi di barat daya Nias Barat, Sumatera Utara .

Masih menurut BMKG, episenter gempa itu berada di laut pada kedalaman 10 km di 142 km barat daya Nias Barat, 159 km barat daya Nias Selatan, 171 km barat daya Nias Utara, 451 km barat daya Medan, dan 1.356 km barat laut Jakarta.

Video: Puasa Ramadan Tetap Sehat saat Pandemi Covid-19

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Menurut BMKG, Getaran akibat gempa bumi yang terjadi pada Selasa pukul 06.58 WIB di barat daya Nias, Sumatera Utara, dirasakan di sejumlah daerah.

Di antaranya Nias Barat, Gunung Sitoli, Pakpak Bharat, Aceh Singkil, Aek Godang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, hingga Padang.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 5,1 Magnitudo Guncang Wilayah Bayah Banten, Dirasakan hingga Sukabumi dan Jakarta

Baca juga: Bantu Korban Gempa Bumi Jawa Timur, Ganjar Kirim Relawan dan Sayuran

BMKG semula menyatakan bahwa gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia itu magnitudonya 6,4 dan kemudian memperbaruinya menjadi 6,1.

Menurut BMKG, getaran gempa tersebut dirasakan di Nias Barat pada II sampai III skala Mercalli (MMI) serta Gunung Sitoli (Sumatera Utara) pada skala I sampai II MMI.

Getaran gempa juga dirasakan Aek Godang, Padang Sidimpuan, dan Pakpak Bharat di Sumatera Utara; Pariaman, Padang Pariaman, dan Padang di Sumatera Barat; serta Aceh Singkil di Aceh pada skala II MMI.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved