Breaking News:

Berita Jakarta

26 Warga Cipayung Terjangkit DBD Hingga April 2021, Cuaca Hujan Panas, Warga Diminta Waspada DBD

Sebanyak 26 orang warga Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur terkena penyakit demam berdarah dengeu (DBD) pada sepanjang tahun 2021. 

  • Warga Cipayung, Jakarta Timur terserang wabah demam berdarah dengue.
  • Gerakan pemberantasan sarang nyamuk PSN dan 3M dengan menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas diingatkan kembali.
  • Waspada perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti disaat cuaca panas diselingi hujan berkala.

WARTAKOTALIVE.COM, CIPAYUNG - Sebanyak 26 orang warga Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur terkena penyakit demam berdarah dengeu (DBD) pada sepanjang tahun 2021. 

Camat Cipayung Fajar Eko Satrio mengatakan jumlah itu terhitung selama periode 1 Januari hingga 15 April 2021 di delapan kelurahan. 

"Bulan Januari ada enam warga yang terkena DBD, bulan Februari lima orang, bulan Maret 11 orang, dan bulan April 4 orang," kata Fajar, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Cegah Kasus DBD di Tengah Pandemi, Enesis Group Berikan Bantuan ke BNPB Bali

Fajar menambahkan dari 26 warga terjangkit DBD, hingga kini tidak ada yang sampai meninggal dunia. Mereka berhasil sembuh setelah menjalani perawatan medis di fasilitas kesehatan.

Enam kasus DBD pada bulan Januari 2021 berasal dari Kelurahan Cipayung satu orang, Kelurahan Lubang Buaya dua orang, dan Kelurahan Bambu Apus ssbanyak tiga orang. 

Lima kasus pada bulan Februari 2021 terdiri dari satu di Kelurahan Cipayung, satu di Kelurahan Lubang Buaya, satu di Kelurahan Ceger, lalu Kelurahan Bambu Apus dan Setu.

Baca juga: Sebelumnya Kena DBD, Kini Surya Paloh Dinyatakan Positif Covid-19

11 kasus pada bulan Maret 2021 berasal dari dua kasus di Kelurahan Cipayung, satu kasus di Kelurahan Pondok Ranggon, empat kasus di Kelurahan Lubang Buaya, dua kasus di Kelurahan Bambu Apus, dan dua kasus di Kelurahan Setu. 

“Untuk bulan April hingga tanggal 15 sementara ada empat kasus DBD yang berasal dari empat Kelurahan, yakni Kelurahan Cipayung, Kelurahan Lubang Buaya, Kelurahan Ceger, dan Kelurahan Munjul,” katanya. 

Untuk itu pihaknya antisipasi penambahan kasus kita terus sosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat ke warga. 

Baca juga: Kabar Duka: Daryono Mantan Kiper Persija Jakarta Meninggal Dunia Karena Sakit DBD

“Ada juga PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dan 3M (menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas)," ucapnya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved