Breaking News:

Breaking News

BREAKING NEWS: UNESCO Tetapkan Belitong 'Negeri Laskar Pelangi' sebagai Global Geopark

UNESCO resmi menetapkan Pulau Belitong di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Global Geopark, sehingga menjadi sejarah baru dunia pariwisata.

babelprov.go.id
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) resmi menetapkan Pulau Belitong Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Global Geopark, sehingga dapat menjadi sejarah baru dunia pariwisata di negeri laskar pelangi itu. 

WARTAKOTALIVE.COM, PANGKALPINANG -- Nama Belitong melambung ke seantero Indonesia setelah novel tetralogi Laskar Pelangi best seller di pasaran.

Novel karya Andrea Hirata, yang juga kelahiran Belitong, itu kemudian difilmkan dengan judul yang sama, Laskar Pelangi, meledak di seluruh Indonesia.

Novel dan film itu kemudian memperoleh penghargaan di mana-mana, termasuk di luar negeri, menjadikan sang pengarang, Andrea Hirata, sebagai novelis terkemuka Tanah Air.

Video: Wisata Kabupaten Bogor, Menikmati Segarnya Air Pegunungan di Curug Golek Bogor

Kini, nama Belitong kembali melambung dalam kancah yang lebih mendunia, namun dalam bidang yang berbeda.

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) resmi menetapkan Pulau Belitong di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai Global Geopark, sehingga menjadi sejarah baru dunia pariwisata di Negeri Laskar Pelangi itu.

"Alhamdulillah, UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris menetapkan Belitong sebagai Global Geopark," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Dukung Kebun Raya Bogor Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO Kompas-LIPI Gelar Talkshow di Bentara Budaya

Baca juga: Harapan Roy Suryo sebagai Mantan Menpora Terkait Pencak Silat Masuk Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Erzaldi Rosman mengatakan, UNESCO mengakui keberagaman geologis di Pulau Belitung dan kepulauan di sekitarnya.

Keberagaman tersebut termasuk lanskap, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi di Belitung.

Selain itu, Geopark Belitong juga dinilai memiliki keunikan dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis, dan budaya.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved