Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Manfaat Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa, Dokter: Imunitas Meningkat 2 Kali Lipat, Ini Penjelasannya

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diperbolehkan meski penerima sedang berpuasa Ramadan, karena tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama berpuasa

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Menurut para ahli, imunitas kita selama bulan puasa akan lebih meningkat jika dibandingkan ketika tidak berpuasa. Foto ilustrasi: Vaksinasi massal di Kampung Tangguh Jaya RW 01 Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (10/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit dalam Kathi Swaputri Kancana, Sp.PD mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diperbolehkan meski penerima sedang berpuasa Ramadan.

Mengapa? Karena tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama berpuasa dengan tidak berpuasa. 

“Justru menurut para ahli, imunitas kita selama bulan puasa akan lebih meningkat jika dibandingkan ketika tidak berpuasa," kata dr Kathi Swaputri Kancana.

Video: Arya Saloka Akui Sinetron Ikatan Cinta Bikin Waktu Kumpul Bersama Keluarga Terganggu

Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu dalam pernyataan resmi, dikutip Sabtu (17/4/2021) itu menjelaskan, hal tersebut didukung dengan pola makan saat sahur dan buka puasa yang diterapkan dengan baik.

Dokter Kathi Swaputri mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pun disarankan ketika berpuasa.

Ia menuturkan, pakar dan kepala laboratorium Universitas Fakeeh Dubai, Dr Paalat Menon, mengatakan, selama berpuasa respon imunitas justru akan meningkat dua kali lipat.

Baca juga: Para Ahli Paru Ingatkan Pentingnya Atur Pola Tidur Agar Tetap Segar Selama Berpuasa Ramadan

Baca juga: Strategi GoMart di Bulan Ramadan, Hadirkan Fitur Chat dengan Asisten Belanja dan Resep Buka Puasa

Sebab, setelah 12 jam pascapuasa, makrofag pada sistem imunitas akan bekerja lebih cepat untuk membersihkan sel-sel mati dalam tubuh.

Proses tersebut disebut autofagi di mana sistem imun kita menjadi lebih sensitif.

"Itulah juga mengapa puasa sangat baik untuk pasien-pasien dengan diabetes, tuberculosis, dan penyakit metabolik lainnya,” lanjut Kathi Swaputri.

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved