Breaking News:

Keberangkatan Penumpang Kereta Api di Wilayah Daop 1 Jakarta Belum Terlihat Ada Lonjakan

Jumlah kereta api yang berangkat pada akhir pekan ini tidak mengalami penambahan dari akhir pekan sebelumnya di masa pandemi 

Dok PT KAI
Calon penumpang KA jarak jauh tengah melakukan Tes GeNose, 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - keberangkatan penumpang menggunakan kereta api di wilayah Daop 1 Jakarta pada akhir pekan ini terpantau normal atau tidak terdapat lonjakan. Demikian diungkap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Charunisa.

Adapun jumlah kereta api yang dijalankan tetap sama seperti pada akhir pekan normal dimasa pandemi dan tetap dengan pembatasan okupansi maksimal 70 persen dari ketersediaan tempat duduk keseluruhan pada setiap rangkaian. 

"Pada Minggu (18/4/2021) terdapat 13 kereta api yangn beroperasi dari Stasiun Pasar Senen dengan total volume  penumpang sekitar 2.002 atau okupansi sekitar 27 persen dari total ketersediaan tempat duduk," kata Eva dalam keterangannya, Minggu (18/4/2021)

Sementara untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir terdapat 15 kereta api yang beroperasi dengan total  penumpang sekitar 1.689 penumpang. Jumlah kereta api yang berangkat pada akhir pekan ini tidak mengalami penambahan dari akhir pekan sebelumnya di masa pandemi 

Baca juga: Presiden Jokowi dan Menlu Retno Akan Terima Kunjungan Menlu Iran Besok

Baca juga: Kecewa Ucapan Kabid DPKP, Danru Sebut Tak Pernah Diminta Sodorkan Nama Cuma Terima Uang Rp 700 Ribu

Sebelum pandemi pada akhir pekan biasa secara total terdapat hingga 71 perjalanan kereta api per hari. Sejak awal pandemi jumlah perjalanan kereta api dari area Daop 1 Jakarta mengalami penyesuaian lebih dari 50 persen. 

Selama masa Pandemi seluruh operasional perjalanan kereta api yang masih berlangsung diatur sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan.

"Untuk menjaga jarak fisik antar penumpang setiap kereta api yang beroperasi kapasitas tempat duduk pada setiap rangkaian dibatasi maksimal hanya 70 persen," katanya.

KAI juga menyiapkan sejumlah persyaratan  untuk memastikan seluruh penumpang berangkat dalam kondisi baik. Seluruh calon penumpang yang akan berangkat wajib memiliki berkas pemeriksaan Covid-19 dengan hasil negatif melalui PCR Test, GeNose Test atau Rapid Antigen.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved