Breaking News:

Prakiraan Cuaca

UPDATE Prakiraan Cuaca Sabtu 17 April 2021, BMKG: Sejumlah Daerah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

BMKG memprakirakan, hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

@lApEndOStEriOs via @TMCPoldaMetro
Menurut BMKG, Sabtu (17/4/2021), hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Foto ilustrasi: Situasi lalu lintas Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan di JPO Halte Busway Kuningan Madya Aini terpantau hujan lebat, bagi pengendara tetap berhati-hati karena jalanan licin. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Data yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG, Jakarta, Sabtu (17/4/2021) memperlihatkan, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut adalah Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Kemudian, daerah lain yang juga berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.

Video: Sosialisasi Larangan Mudik pada 6-17 Mei 2021 di Terminal Tanjungpriok

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terdapat di Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi (2,5-4 meter) di area Samudra Hindia Selatan Jawa, Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Utara Halmahera, Samudera Pasifik Utara Papua Barat.

Selain itu, ada peringatan gelombang sangat tinggi (4-6 m) di area perairan Samudera Pasifik Utara Halmahera.

Baca juga: Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Terjadi di Hari Pernikahan Atta Halilintar-Aurel Hermansyah

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Jumat 26 Maret 2021, BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Kilat di Wilayah Ini

Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, dan Perairan utara Halmahera.

Peningkatan tinggi gelombang tersebut terjadi sebagai dampak dari adanya siklon tropis Surigae yang terpantau di Samudera Pasifik utara Papua.

Oleh karenanya, BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

Baca juga: Kepala BNPB Doni Monardo: Hujan Lebat Kemungkinan Terjadi Akibat Pemanasan Global

Halaman
1234
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved