Breaking News:

DOB Bogor Timur

Ridwan Kamil Siap Berjuang ke Pemerintah Pusat untuk Pembentukan DOB Bogor Timur

DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Persetujuan Bersama Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Valentino Verry
ISTIMEWA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Indramayu telah memenuhi persyaratan dasar kewilayahan dan administrasi untuk pemekaran wilayah. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Persetujuan Bersama Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat, Jumat (16/4/2021).

Rapat digelar di Ruang Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat dan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Bogor Ade Yasin dan Bupati Indramayu Nina Agustina.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan kebijakan penataan daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat tertuang dalam misi 3 RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Baca juga: Penduduk Kabupaten Bogor Terlalu Banyak, Bupati Bogor Nilai Bogor Timur Layak Dimekarkan

“Tiga RPJMD itu adalah mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan, tata ruang berkelanjutan dengan peningkatan konektifitas wilayah dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan,” kata Ridwan.

Dalam periode 2018 – 2023, Provinsi Jawa Barat menargetkan enam usulan pembentukan calon daerah persiapan otonom baru.

“Enam DOB ini akan disampaikan kepada pemerintah pusat masing–masing satu untuk tahun 2020 dan 2021, dan tahun 2022 – 2023 masing–masing dua usulan," tuturnya.

Menurut Ridwan, tahun 2021 telah dilakukan persetujuan bersama untuk usulan dua Calon Daerah Persiapan Otonom Baru. 

Baca juga: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Usep Supratman Sebut Bogor Timur Layak Jadi Kabupaten

Sesuai Pasal 33 Undang – Undang 23 tahun 2014, pembentukan daerah persiapan harus memiliki persyaratan dasar dan persyaratan administratif. 

Apabila persyaratan dasar wilayah dan administrasi terpenuhi, maka gubernur dapat mengusulkan pembentukan daerah persiapan kepada Pemerintah Pusat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia. 

"Hari ini kami disaksikan oleh (Ono Suryono), mudah – mudahan bisa disampaikan dan diperjuangkan di DPR,” ujarnya.

Menurut Ridwan, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Indramayu telah memenuhi persyaratan dasar kewilayahan dan administrasi untuk pemekaran wilayah.

“Persyaratan telah dilengkapi melalui surat Gubernur tanggal 22 Januari 2021,” tuturnya.

Baca juga: Pemkab Bogor Siapkan Rp 60 Miliar untuk Pembentukan Daerah Otonomi Baru Bogor Timur

Berkas persyaratan ini lalu diusulkan kepada DPRD Provinsi Jawa Barat untuk dilakukan pembahasan persetujuan bersama Gubernur – DPRD dan pemenuhan persyaratan administrasi di level Provinsi.

“Provinsi Jawa Barat dengan penduduk terbesar di Indonesia, memiliki tugas besar dalam melayani dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tinggal di Provinsi Jabar,” pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved