Breaking News:

Perkuat Sistem Kelistrikan Jakarta, PLN Lakukan Peremajaan Trafo Rp70 Miliar

Perkuat Sistem Kelistrikan Jakarta, PLN Lakukan Peremajaan Trafo Rp70 Miliar. Simak selengkapnya.

ISTIMEWA
PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (PLN UIT JBB) sebagai pengelola ketenagalistrikan yang fokus dalam memelihara jaringan saluran udara tegangan extra tinggi (sutet), saluran tegangan tinggi (sutt) dan gardu induk tegangan extra tinggi (gitet) serta gardu induk (gi). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (PLN UIT JBB) sebagai pengelola ketenagalistrikan yang fokus dalam memelihara jaringan saluran udara tegangan extra tinggi (sutet), saluran tegangan tinggi (sutt) dan gardu induk tegangan extra tinggi (gitet) serta gardu induk (gi).

Untuk keandalan sistem kelistrikan Jakarta dan Jawa Bali, PLN UIT JBB melakukan penggantian trafo interbust (ibt) 500 kv berjumlah 3 unit yang berlokasi di gitet Gandul, Cinere, Depok.

Eko Yudo Pramono, Vice President Transmisi Jawa Madura Bali PT PLN (Persero) ,menyampaikan bahwa trafo yang berusia 38 tahun itu telah banyak mengalami penurunan performa.

Baca juga: Babak Baru Tewasnya Tahanan Polres Tangsel, Semula Dianggap Sakit, Kini Diduga Ada Penganiayaan

Oleh karena itu, kata Eko, trafo itu masuk ke dalam kategori yang harus segera dilakukan penggantian untuk mengantisipasi adanya gangguan

Apa lagi trafo ini memegang peranan penting untuk memasok listrik di wilayah DKI Jakarta khususnya untuk daerah VVIP mulai dari Senayan hingga istana negara.

“yang menjadi krusial karena penggantian ini memakan waktu cukup lama, untuk itu sistem kelistrikan harus dikondisikan agar dapat membackup pasokan listrik di wilayah Jakarta, mulai dari pembangkit di Muara Karang untuk mengcover beban di sekitar Jakarta hingga pengaturan sampai ke pelanggan dan untuk penggantian trafo ini PLN mengeluarkan investasi sebesar 70 miliar rupiah” ungkap eko, yang pada saat wawancara di dampingi general manager PLN UIT JBB, Erwin Ansori dan Himmel Sihombing, Manager Upt Cawang sebagai penanggung jawab pengelola gitet gandul.

Baca juga: BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Akibat Badai Tropis Kuat Surigae yang Berpeluang Meningkat Jadi Topan

Pekerjaan ini dapat diselesaikan lebih cepat 5 hari dari target yang direncanakan, pengoperasian trafo ini akan dilaksanakan pada 17 april 2021 atau 18 april 2021, tergantung dari hasil uji trafo sebelum dilakukan pembebanan (energize).

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved