Breaking News:

Berita Video

VIDEO Copet Angkot Yang Sudah Ratusan Kali Beraksi, Dibekuk Polisi

abid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan dari pengakuan keduanya mereka beraksi sejak 2020 atau sudah sekitar setahun.

WARTA KOTA, SEMANGGI- Aparat Subdit Resmob Polda Metro Jaya berhasil membekuk dua pencopet spesialis di angkot yang melintas di Tanah Abang. Dua pelaku yang dibekuk ini diketahui sudah ratusan kali beraksi dengan menyasar HP dan dompet korban.

Sementara satu pelaku lain, yang kerap beraksi bersama mereka, masih buron dan dalam pengejaran polisi.

Dua pelaku yang dibekuk adalah TH (21) alias Topik dan R (30). Keduanya dibekuk di kediaman mereka di Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat pada 6 April lalu. Sedangkan satu pelaku lain yakni T masih buron.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan dari pengakuan keduanya mereka beraksi sejak 2020 atau sudah sekitar setahun.

"Kalau ditanya sudah berapa kali beraksi, mereka lupa, karena sangat sering. Jadi diperkirakan sudah ratusan kali," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/4/2021).

Para pelaku kata Yusri kerap beraksi bertiga di dalam angkot di Tanah Abang. "Mereka berbagi tugas, ada yang mengalihkan perhatian dan ada yang mengambil barang korban yang lengah," katanya.

Yusri menjelaskan para pelaku berkeliling mencari korban yang merupakan para pengguna angkutan umum 03 Jurusan Benhil - Tanah Abang.

"Selanjutnya ketika para pelaku sudah menemukan calon korban, satu pelaku mengalihkan perhatian korban dengan berbagai cara, misalnya pura-pura batuk atau lainnya," kata Yusri.

Dan ketika korban lengah katanya pelaku lainnya langsung mengambil handphone atau dompet milik korban yang disimpan didalam tas.

"Ketika barang milik korban sudah berhasil diambil, kemudian para pelaku turun dari angkutan umum dan menghilang," katanya.

Karena perbuatannya kata Yusri, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. "Yang ancaman hukumannya, 7 tahun penjara," katanya.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved