Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Presiden Jokowi Resmi Larang Mudik, Wagub DKI Bakal Kaji SIKM Selama Musim Mudik Lebaran Tahun Ini

Presiden Jokowi Resmi Larang Mudik, Wagub DKI Bakal Kaji Penggunaan SIKM Selama Musim Mudik Lebaran Tahun Ini

Warta Kota/Desy Selviany
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam talkshow implementasi PPKM Jawa-Bali yang diselenggarakan oleh BNPB Kamis (7/1/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria akan mengkaji penggunaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dalam waktu dekat.

Langkah tersebut diambil merujuk kebijakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait larangan mudik lebaran yang diterbitkan pada beberapa waktu lalu.

Dalam keputusannya, pemerintah pusat melarang masyarakat melakukan mudik lebaran dalam periode 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

"Ya tentu ini menjadi kajian kita salah satunya Memang sih tapi nanti kita akan diskusi kembali, apakah bentuknya persis seperti SIKM atau ada bentuk lain Nanti pada waktunya kita akan umumkan," kata Ahmad Riza Patria pada Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Berulang Kali Mangkir, Kuasa Hukum Minta JPU Panggil Paksa Dirut PT Indotruck Utama, Bambang Prijono

Dikatakan orang nomor dua di DKI itu jika Pegawai Negeri Sipil juga tidak diperkenankan untuk melakukan mudik sesuai tanggal yang ditentukan yaitu pada 6 sampai 17 Mei 2021. 

Bahkan jika bagi PNS yang melanggar akan ada sanksi sesuai dengan peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Larangan mudik ini juga berlaku bagi masyarakat umum lainnya.

Baca juga: Praktis & Makin Gampang, Jumlah Pemohon Perpanjangan SIM Online Lewat Aplikasi Sinar Naik Signifikan

"Bagi masyarakat umumnya kita imbau kita minta dan kita yakin kan untuk tidak perlu mudik sayangilah orang tua kakek nenek dan keluarga yang ada di kampung dengan cara tidak kita datangi karena dapat menimbulkan penyebaran," katanya.

Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap kemungkinan SIKM kembali berlaku pada periode larangan mudik Lebaran 2021 ini.

Dia mengatakan akan melihat apakah larangan mudik kembali diterapkan SIKM seperti dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved