Breaking News:

Berita Bogor

Penduduk Kabupaten Bogor Terlalu Banyak, Bupati Bogor Nilai Bogor Timur Layak Dimekarkan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat menyetujui usulan pembentukan DOB Bogor Timur pada Jumat (16/4/2021).

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Bupati Bogor Ade Yasin (tengah depan) saat mengikuti┬áRapat Persetujuan Bersama Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat, di Ruang Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat, Jumat (16/4/2021). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat menyetujui usulan pembentukan DOB Bogor Timur pada Jumat (16/4/2021).

Kesepakatan ini diberikan dalam Rapat Persetujuan Bersama Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat, di Ruang Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat, Jumat (16/4/2021).

Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan bahwa pemekaran Kabupaten Bogor Timur sangat layak dan urgent untuk segera dilakukan.

“Bogor Timur layak dimekarkan mengingat jumlah penduduk Kabupaten Bogor  sudah overload dan sangat padat,” kata Ade Yasin di Cibinong, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Sambut Pembentukan DOB Bogor Timur, Gubernur Ridwan Kamil Siap Perjuangkan ke Pemerintah Pusat

Saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Bogor mencapai 5,4 juta.

“Penduduk Kabupaten Bogor sudah sangat padat dan terbanyak di Jawa Barat bahkan Indonesia,” lanjutnya,

Untuk itu, lanjut Ade, sudah seharusnya pemekaran dilakukan, guna memajukan pembangunan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor Usep Supratman Sebut Bogor Timur Layak Jadi Kabupaten

“Karena luas wilayahnya juga cukup besar, sekarang ini Kabupaten Bogor bebannya seperti beban Provinsi. Jadi sangat layak untuk di mekarkan," tegas Ade.

Politisi PPP ini menyatakan, pihaknya juga telah memfasilitasi pembangunan infrastruktur dalam rangka mendorong percepatan pemekaran Kabupaten Bogor Timur.

"Kita sedang perjuangkan percepatan pembangunan jalur Puncak 2. Mudah-mudahan temen-temen bisa mendorong dari berbagai penjuru,” paparnya.

Baca juga: Pemkab Bogor Siapkan Rp 60 Miliar untuk Pembentukan Daerah Otonomi Baru Bogor Timur

Jalur Puncak 2 ini dapat mempermudah aksesibilitas, karena tidak hanya menghubungkan Bogor dengan Bogor Timur dan Cianjur, tapi itu juga bisa mempermudah aksesibilitas ke Karawang.

“Orang Bekasi bisa lewat situ nanti,” imbuhnya.

“Jalur Puncak 2 ini istimewa karena dapat mengubungkan tiga provinsi yakni Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta," jelas Ade Yasin.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved