Breaking News:

Kriminalitas

Diduga Setubuhi Anak di Bawah Umur, Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Terancam 15 Tahun Penjara

Diduga Setubuhi Anak di Bawah Umur, Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Terancam penjara 15 Tahun dan Denda Rp 5 Miliar

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dwi Rizki
freepik
Ilustrasi pemerkosaan anak 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Kasus dugaan persetubuhan yang dilakukan AT (21) terhadap seorang anak perempuan berinisial PU (15) disoroti Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi.

Dirinya pun menegaskan konsekuensi hukum yang bakal diterima AT atas kejahatan yang diduga dilakukannya.

"Terduga pelaku bisa dijerat dengan Pasal 81 UU 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak," kata Siti saat dikonfirmasi pada Jumat (16/4/2021).

Ada pun ketentuan yang diatur dalam ayat 1 berbunyi 'Setiap orang yang melangggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah)'.

Baca juga: Berulang Kali Mangkir, Kuasa Hukum Minta JPU Panggil Paksa Dirut PT Indotruck Utama, Bambang Prijono

Hal tersebut juga berlaku bagi pelaku persetubuhan anak meski hubungan intim dilakukan atas dasar suka sama suka atau pun dalam status sedang berpacaran.

"Ayat 2 menjelaskan ketentuan pidana sebagaimana dimaksud pada ayat 1  berlaku pula bagi Setiap Orang yang dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain," ucapnya.

Baca juga: Tidak Konsisten dan Melanggar Kesepakatan, Izin Lokasi PT BLP Agung Intiland Terancam Dicabut

Sedangkan dalan Pasal 76D, tertulis setiap orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

Sebelumnya, LF melaporkan AT ke polisi atas dugaan persetubuhan di bawah umur yang dilakukan kepada anaknya yang masih duduk di bangku kelas IX SMP, yakni PU.

PU diketahui berpacaran dengan AT selama 9 bulan. Selama menjalani hubungan, PU mengaku sering dipukul dan disetubuhi oleh AT yang diduga merupakan anak seorang anggota dewan Kota Bekasi. (abs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved