Berita Bogor

Rencana Pembentukan Daerah Otonomi Baru Bogor Timur, Jonggol Calon Ibukota Kabupaten

Pemkab Bogor membeberkan rencana pembentukan daerah persiapan Kabupaten Bogor Timur kepada jajaran Komisi I DPRD Provinsi Jabar. 

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Murtopo
Warta Kota/Hironimus Rama
Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin saat memimpin rakor Desa Wisata 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Bogor Timur terus bergulir.

Pada Rabu (14/4/2021), Pemkab Bogor membeberkan rencana pembentukan daerah persiapan Kabupaten Bogor Timur kepada jajaran Komisi I DPRD Provinsi Jabar. 

Pemaparan dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin dalam kegiatan  Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat ke Pemerintah Kabupaten Bogor, di Cibinong, Kamis (14/4/2021).

Burhanudin mengatakan, Kabupaten Bogor selain memiliki wilayah yang luas, juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yang mencapai 5,4 juta atau 11,24 persen pendududuk Jawa Barat. 

Baca juga: VIDEO Pemkab Kembangkan Pariwisata Curug dan Penangkaran Rusa di Bogor Timur

“Jumlah penduduk yang sangat banyak, menjadikan beban Pemkab Bogor cukup berat terutama  dalam hal memberikan pelayanan prima secara efektif dan merata serta melakukan pemerataan pembangunan,” kata Burhanudin, Rabu (14/4/2021) sore.

Menurut dia, pemekaran wilayah Kabupaten Bogor merupakan upaya untuk menciptakan pemerintah yang efektif dan efisien berdasarkan kondisi riil daerah.

Baca juga: VIDEO Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Dorong Pariwisata Miliki Sertifikat CHSE

“Pemekaran wilayah Bogor Timur saat ini menjadi satu kebutuhan demi tercapainya pelayanan pemerintah yang efektif dan merata dan percepatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Wilayah Bogor Timur," ujarnya.

Ia menuturkan bahwa, rencana pembentukan Kabupaten Bogor Timur ini  sudah di usulkan sejak 8 Juni tahun 2015.

Saat itu presidium Bogor Timur menyampaikan aspirasi masyarakat Bogor Timur, melalui surat dengan nomor 041/dpp-ppbt/XI/15 perihal pengantar usulan masyarakat untuk pembentukan daerah otonomi baru Kabupaten Bogor Timur ditujukan kepada Bupati Bogor.

Baca juga: Disbudpar Kabupaten Bogor Dorong Tempat Wisata Miliki Sertifikat CHSE Sebagai Kepercayaan Masyarakat

“Pemkab Bogor telah mengakomodir usulan itu  dengan merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bogor tahun 2013-2018,” jelas Burhanudin.

Pada 2017 dilakukan kajian potensi Bogor Timur oleh Bappedalitbang bekerjasama dengan pihak ketiga.

Kajian ini mengacu pada UU 32 tahun 2014 tentang  Pemerintahann Daerah dan  PP Nomot 78 tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

Baca juga: Jaga Kestabilan Harga Pangan Selama Ramadan hingga Idul Fitri, Pemkab Bogor Siap Gelar Operasi Pasar

Kesimpulan hasil kajiannya bahwa Bogor Timur  layak untuk dimekarkan. Pada 25 Oktober 2017 Pemkab Bogor bersama Presidium Bogor Timur berkonsultasi kepada Kemendagri.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved