Breaking News:

Berita internasional

Mesir Sita Kapal Ever Given, dan Minta Kompensasi Rp 13 Triliun Karena Sebabkan Macet Terusan Suez

Pihak berwenang Mesir menyita kapal kontainer raksasa Ever Given yang memblokir Terusan Suez selama sepekan bulan lalu

Tribunnews.com
Citra satelit yang dirilis oleh Maxar Technologies ini menunjukkan posisi kapal kontainer MV Ever Given yang melintang sehingga menutup jalur Terusan Suez 

Wartakotalive.com - Pihak berwenang Mesir menyita kapal kontainer raksasa Ever Given yang memblokir Terusan Suez selama sepekan bulan lalu.

Langkah ini diambil di tengah laporan perselisihan mengenai kerugian finansial pihak terkait.

Pengadilan Mesir memerintahkan pemilik kapal kontainer Jepang berbendera Panama, Shoei Kisen Kaisha membayar kompensasi senilai 900 juta dolar Amerika atau setara Rp 13 triliun.

Dilansir CNN, tagihan dalam jumlah besar tersebut juga termasuk biaya pemeliharaan dan biaya operasi penyelamatan Ever Given.

Operasi penyelamatan internasional bekerja sepanjang waktu untuk mengeluarkan kapal dari tepi kanal, yang semakin meningkatkan urgensi dan perhatian global setiap hari.

Seperti diketahui, kapal-kapal dari seluruh dunia, yang membawa bahan bakar dan kargo penting, tak dapat memasuki kanal karena insiden tersebut.

Ever Given berhasil diapungkan kembali pada Senin (29/3/2021) dan dipindahkan ke Great Bitter Lake di dekatnya untuk diperiksa kelayakannya dan memungkinkan perbaikan dilakukan.

Sebanyak 25 awak warga negara India tetap di atas kapal.

Shoei Kisen Kaisha mengatakan perusahaan asuransi dan pengacara sedang mengerjakan klaim kompensasi, dan menolak berkomentar lebih lanjut.

Manajer teknis kapal, Bernhard Schulte Shipmanagement (BSM), pada Rabu (14/4/2021) mengatakan bahwa kapal telah dinyatakan aman untuk perjalanan selanjutnya ke Port Said di Laut Mediterania, tetapi ditahan karena perselisihan antara Otorita Terusan Suez (SCA) dan pemilik kapal.

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved