Breaking News:

Kriminalitas

Hakim Nyatakan Alat Bukti Cukup, Kasus Dugaan Pemalsuan Sertifikat Bos Kaskus Akan Dibuka Kembali

Hakim Dalam Pra Peradilan PN Jaksel Nyatakan Perkara Memenuhi Dua Alat Bukti, Kasus Dugaan Pemalsuan Sertifikat Ruko Bos Kaskus Dibuka Kembali

Warta Kota
Utomo Karim selaku kuasa hukum Titi Sumawijaya dan Jack Lapian 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Kasus dugaan pemalsuan sertifikat ruko milik Titi Sumawijaya Empel di Jalan Panglima Polim Raya Nomor 51 Jaksel, yang sempat dihentikan (SP3) penyidik Polda Metro Jaya dipastikan akan dilanjutkan kembali.

Hal itu berdasarkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, dengan nomor gugatan perkara Pra-Peradilan :12/Pid.Pra/2021/PN.Jkt.Sel 

Seperti diketahui sertifikat ruko milik Titi diduga telah dipalsukan oleh mafia tanah dan dibalik nama kepada terlapor, yakni Andrew Darwis yang kemudian diagunkan kepada UOB Bank sebesar Rp 18 miliar.

Dalam penyelidikan, polisi sempat menghentikan kasus tersebut.

Namun Titi mengajukan pra peradilan ke PN Jakarta Selatan yang akhirnya memutuskan kasus harus dibuka kembali.

Hal tersebut diungkapkan Utomo Karim selaku kuasa hukum Titi Sumawijaya.

Baca juga: Diduga Langgar Sejumlah Aturan, DPRD Kab Tangerang Kembali Panggil PT TUM dan PT BLP Agung Intiland

"Putusan PN Jaksel, untuk dibuka lagi kasus yang sempat di-SP3 dan dilanjutkan hingga pengadilan," kata Utomo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: Bersikap Kasar ke Pelanggan, PT Infomedia Nusantara Pecat Aditya, Customer Service Indihome

Dalam putusan PN Jaksel dengan nomor perkara Pra-Peradilan :12/Pid.Pra/2021/PN.Jkt.Sel, yang dikirim Utomo ke Wartakotalive.com, menyebutkan:

Menimbang, bahwa dari seluruh pertimbangan tersebut diatas Hakim berpendapat bahwa dari hasil Penyelidikan yang dilakukan olah Termohon sudah mendapatkan atau memenuhi 2 alat bukti yang cukup untuk membuktikan perbuatan Terlapor/ ANDREW DARWIS melakukan tindak pidana Pemalsuan dan atau Penipuan dan atau Pengelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 ayat (2) KUHP dan atau Pasal 378 KUHP dan atau Pasai 372 KUHP dan Pasal 3 atau Pasal 4 atau Pesal 5 Undang — Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pidana Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang yang diduga dilakukan Terlapor Andrew Darwis, sehingga bukti T-60 yang berupa Laporan Hasil Gelar Perkara tentang dugaan tindak pidana atas nama Pelapor TITI SUMAWIJAYA EMPEL dan Terlapor atas narna Andrew Darwis yang menyatakan penyidikannya tidak cukup bukti dan bukti T-81 yang berupa Surat Ketetapan No. S.TAP-Sid/590/XII/RES.2.6/202) Ditreskrimsus yang memutuskan menghentikan Penyidikan Laporan Polisi No. LP/2959/V/2019/PMJ Ditrekrimsus. 

Baca juga: Pelayanan Costumer Service Buruk dan Mengecewakan, Konsumen Indihome Gagal Sampaikan Keluhan

Sementara, dikutip dalam pertimbangan dan putusan Hakim di halaman 129 dari 130 halaman Putusan Nomor 12/Pid-.Pra/2021/PN.Jkt.Sel Tanggal 23 Maret 2021 

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved