Breaking News:

Berita Video

VIDEO Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Dorong Pariwisata Miliki Sertifikat CHSE

“Tahun 2020 lalu tingkat kunjungan wisata jauh dari target sebesar 8 juta pengunjung. Realisasi kita hanya 4 juta pengunjung,” k

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Pademi Covid-19 membuat kinerja semua sektor turun drastis. Begitu pun dengan sektor pariwisata.

Sektor pariwisata Kabupaten Bogor juga terdampak wabah virus Corona ini.

“Tahun 2020 lalu tingkat kunjungan wisata jauh dari target sebesar 8 juta pengunjung. Realisasi kita hanya 4 juta pengunjung,” kata Mely Kamelia, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, kepada ‪Wartakotalive.com‬, Selasa (13/4/2021).

Kondisi ini membuat pajak dari hotel dan restoran turun hingga 30 persen.

Tahun 2021 ini saat kondisi masih pandemi, Disbudpar Kabupaten Bogor melakukan revisi terhadap target-target. 

“Kita targetkan 6 juta pengunjung tahun ini,” papar Mely.

Untuk memulihkan pariwisata di Kabupaten Bogor, Disbudpar melakukan beberapa langkah strategis. Salah satunya dengan mendorong tempat-tempat wisata memiliki sertifikat CHSE.

“Tahun 2020 lalu ada program Sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata. Kita sedang memantau hotel-hotel yang telah memiliki Sertifikat CHSE ini,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kabupaten Bogor Titi Sugiarti.

Menurut Titi, Sertifikat CHSE ini merupakan bentuk kepercayaan dari masyarakat ketika berwisata ke Bogor. 

“Dengan label sertifikat CHSE ini maka suatu obyek wisata itu dijamin bersih, sehat, aman, dan berwawasan lingkungan. Jadi kita terus melakukan monitoring hotel-hotel agar memiliki sertifikat ini,” paparnya.

Saat ini Disbudpar Kabupaten Bogor menghimbau kepada para pelaku pariwisata untuk mempersiapkan diri menghadapi new normal.

“Kita minta pelaku pariwisata berbenah sehingga ketika pandemi berlalu tempat-tempat wisata sudah siap dengan standar kesehatan yang baru,” pungkas Mely.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved