Breaking News:

Perpustakaan di Kemenkes Diharapkan Bisa Memberikan Informasi dan Edukasi Keseharan pada Masyarakat

Perpustakaan di instansi kesehatan diminta agar memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat.

Istimewa
Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando saat menghadiri  Pertemuan Nasional Perpustakaan 2021 dengan tema, Penguatan Literasi dalam Pemulihan Kesehatan Masyarakat di Era Pandemi, di Ruang Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (13/4/2021).  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pada masa pandemi Covid-19, penguatan literasi bisa memainkan perannya untuk memulihkan kondisi kesehatan masyarakat. 

Oleh karena itu, perpustakaan di instansi kesehatan diminta agar memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dan mengantisipasi ancaman penyakit.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando dalam acara Pertemuan Nasional Perpustakaan 2021 dengan tema, 'Penguatan Literasi dalam Pemulihan Kesehatan Masyarakat di Era Pandemi' di Ruang Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (13/4/2021). 

Menurut Syarif Bando perpustakaan yang ada di lingkungan Kemenkes memang merupakan perpustakaan khusus yang pengelolaannya untuk bidang kesehatan. 

Baca juga: Tingkatkan Literasi di Daerah, Kepala Perpustakaan Nasional Kukuhkan Bunda Baca Nagekeo

Meski demikian, tetap harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Jadi mestinya perpustakaan Kementerian Kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang pada saat ini dunia menghadapi ancaman global pandemi, dan tidak hanya Covid-19 saya rasa," katanya.

"Tapi juga semua, ancaman-ancaman penyakit itu, harus menjadi pengetahuan sehingga nanti seluruh masyarakat Indonesia harus menjadi dokter terbaik bagi dirinya sendiri," kata Syarif Bando lagi.

Saat ini, perpustakaan mengalami transformasi menjadi tempat untuk berbagi ilmu pengetahuan. 

Baca juga: Risma: Seluruh Balai Layanan Sosial Bakal Dibangun Perpustakaan untuk Tingkatkan Literasi

Dia pun mendukung perpustakaan di lingkungan Kemenkes agar turut berperan dalam mengedukasi masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dan memilah asupan bernutrisi.

Tidak hanya itu saja, semestinya Indonesia dengan jumlah tanaman herbal terbaik dunia terbanyak di dunia, seharusnya Indonesia menjadi raksasa farmasi dunia.

Baca juga: Perpustakaan Dampingi Masyarakat Desa Bangkitkan Ekonomi selama Pandemi

Sejauh ini, Perpusnas sudah memberikan bantuan hibah buku untuk perpustakaan rumah sakit dan politeknik kesehatan. 

"Pada masa mendatang, kami (Perpusnas) menginginkan adanya kerja sama pengembangan digital perpustakaan di bidang kesehatan," kata Syarif Bando. 

Penulis: Ign Agung Nugroho

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved