Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Jelang Lebaran, 6.000 Pekerja Migran Indonesia Tiba di Tanah Air dan Tertahan di Ibu Kota

Jelang Lebaran, 6.000 Pekerja Migran Indonesia Tiba di Tanah Air. Mereka akan Menjalani Isolasi Mandiri di Ibu Kota sebelum pulang ke kampung halaman.

Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Maruf Amin menghadiri deklarasi ribuan pekerja migran yang tergabung dalam Relawan Nasional Jaringan Persaudaraan Jokowi Pro Pekerja Migran Indonesia (Jopromig) untum mendukung pasangan nomor urut 1 Joko Widodo-KH Maruf Amin. Deklatasi itu dilakukan di Gedung Bellavista Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi, Kamis (25/10/2018). (Foto: Muhammad Azzam) 

WARTAKOTALIVE.COM, Pademangan - Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI M. Saleh Mustafa memperkirakan bakal ada ribuan pekerja migran Indonesia (PMI) yang tiba di Indonesia.

Saleh menuturkan bahwa kemungkinan akan ada terjadi peningkatan kedatangan para PMI di bulan puasa meski mudik dalam negeri sudah secara tegas dilarang pemerintah.

"Tapi kalau dari luar negeri kan tidak mungkin pasti ada peningkatan seperti tahun kemarin akan ada kedatangan yang meningkat," ucap Saleh, di Wisma Atlet Pademangan, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Komplain Jaringan Internet Lemot, Konsumen Indihome Malah Disemprot Customer Service

Sekarang ini saja jumlah para PMI yang tiba dari luar negeri mencapai 1.800 hingga 2.000 orang.

Jumlah tersebut diperkirakannya akan bertambah jelang Lebaran.

"Dan mungkin jelang Lebaran meningkat seperti kemarin antara 4.000 sampai 6.000 per hari," ucap Saleh.

Berdasarkan evaluasi pada tahun kemarin saja, jumlah para PMI yang tiba di Indonesia jelang Lebaran bisa mencapai 5.000-6.000 orang.

"Kalau terjadi seperti ini, kita perlu penanganan yang lebih ketat lagi. Ini yang kita antisipasi," kata Saleh.

Baca juga: Pegawai Protokolernya Tidak Bisa Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Hadiahkan Sepatu Epic Kesayangannya

Oleh karenanya pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Pademangan sebagai tempat repatriasi bagi para PMI sebelum pulang ke kampung halaman. 

Selain itu lokasi cadangan juga telah disiapkan untuk repatriasi para PMI dari luar negeri dengan ditempatkan di Tower 1 Wisma Atlet Kemayoran.

"Nanti apabila ada emergency, nanti ada langkah lain menggunakan fasilitas hotel yang sudah ditentukan oleh satgas," kata Saleh. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved