Breaking News:

Puluhan Rumah Terendam Banjir 1 Meter, Kades Duga Terkait Pembangunan Industri dan Perumahan Elit

puluhan rumah di RT 006 RW 006, Kampung Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, kebanjiran, pada Senin malam.

Kompas.com
Sekitar 20 rumah di RT 006 RW 006, Kampung Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang kebanjiran, Senin (12/3/2021) malam.(HANDOUT) 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG --- Hujan deras turun yang sejak Senin (12/4) malam menyebabkan Sungai Cikalapa Kabupaten Karawang meluap.

Akibatnya, puluhan rumah di RT 006 RW 006, Kampung Ciherang, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, kebanjiran, pada Senin malam.

Luapannya sampai masuk ke rumah-rumah warga dengan ketinggian 50 sampai 100 sentimeter.

“Jadi jam 8 malam hujan turun deras, terus jam 9 malam air sudah masuk ke rumah warga RT 06 RW 06, Kampung Ciherang, kurang lebih 20 rumah yang terendam, ketinggian airnya itu 50 sentimeter sampai 1 meter,” ujar Kepala Desa (Kades) Wadas Jujun Junaedi melalui sambungan telepon, Selasa (13/4/2021) seperti dilansir Kompas.com.

Jujun menyebut Desa Wadas kerap dilanda banjir saat hujan deras turun.

Pada awal tahun 2021 saja, banjir mengakibatkan kurang lebih 19 rumah rusak berat, dan 4 rumah hanyut terbawa arus air.

Berangkat dari hal itu, Jujun berharap ada solusi penanganan banjir di Desa Wadas dan sekitarnya.

Sebab, ia dan warganya tak mau terus-terus dihantui rasa khawatir saat hujan mengguyur deras. Apalagi di Ramadan seperti saat ini.

Jujun menduga pembangunan kawasan industri dan perumahan elite di kawasan hulu Sungai Cikalapa menjadi penyebab banjir di wilayahnya.

“Dari hasil kajian kami, di wilayah hulu kali Cikalapa yang memang berada di kawasan industri, dan kawasan perumahan elite air tergelontorkan begitu besar, dan deras. Hanya satu jam hujan, arus kali begitu kencang,” ungkap dia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Yasin Nasrudin mengatakan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin (12/4) 19.55 WIB, hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir turun di sebagian besar wilayah di Karawang.

Wilayah-wilayah itu yakni Karawang Barat, Telukjambe Timur, Ciampel, Klari, Batujaya, Tirtajaya, Pedes, Cibuaya, Rawamerta, Tempuran, Majalaya, Jayakerta, Karawang Timur, Telukjambe Barat, dan Cilebar.

“Kemudian Rengasdengklok, Kutawaluya, Pakisjaya, Cikampek, Jatisari, Cilamaya Wetan, Tirtamulya, Telagasari, Lemahabang, Kotabaru, Cilamaya Kulon, Banyusari, dan Purwasari,” kata Yasin.

Baca juga: Mirip Stadion Bayern Munchen Rumputnya Diimpor dari Italia Targetnya Selesai Akhir Desember 2021

Baca juga: Jalan Boulevard Grand Depok City Mendadak Ambles, Gerobak Makanan Terjerembab Nyaris Jatuh ke Kali

Penulis: Dedy
Editor: Dedy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved