Breaking News:

Gaya Hidup

Data Penggunanya Dikabarkan Bocor ke Publik, Ini Kata Bos Clubhouse

Data pengguna Clubhouse menampilkan identitas akun pengguna, nama asli, akun Twitter dan Instagram yang ditampilkan dalam format SQL

Shutterstock
Aplikasi percakapan Clubhouse 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Aplikasi Clubhouse dikabarkan telah mengalami kebocoran data 1,3 juta penggunanya, yang disebar dalam salah satu forum hacker online.

Data pengguna Clubhouse tersebut menampilkan identitas akun pengguna, nama asli, akun Twitter dan Instagram yang ditampilkan dalam format SQL.

Terkait hal tersebut CEO Clubhouse mengatakan, bahwa informasi tersebut adalah tidak benar dan menyesatkan.

Menurutnya, artikel terkait informasi tersebut hanyalah clickbait untuk memancing pembaca dengan judul kontroversi.

Baca juga: Tanda-tanda Aplikasi Clubhouse Bakal Hadir Versi Android, Seorang Pengembang Android Ungkap Hal Ini

Baca juga: Dampak Positif Kebijakan Insentif PPnBM, Penjualan Daihatsu Tembus 30.000 Unit di Kuartal 1 2021

"Kami tidak diretas, data yang ada di forum tersebut merupakan data yang tersedia pada profil pengguna di dalam aplikasi Clubhouse dan itu informasi publik," kata Paul dikutip dari Cyber News pada Selasa (13/4/2021).

Cyber News sendiri melaporkan, bahwa data yang dipublikasikan di dalam forum tersebut hanya sebatas identitas nama dan akun media sosial pengguna dan tidak ada informasi sensitif seperti nomor kartu kredit ataupun nomor identitas diri.

Selain Clubhouse, data pengguna LinkedIn juga dikabarkan telah dipublikasi secara online dan ini pun mendapat bantahan dari Microsoft terkait informasi tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Clubhouse, Kominfo Kembali Tegaskan Semua Penyedia Aplikasi Wajib Terdaftar sebagai PSE

Clubhouse sendiri pada awal tahun ini, menjadi aplikasi yang sangat populer di masyarakat. Aplikasi yang secara eksklusif ada di platform iOS ini pun mendapatkan perhatian masyarakat.

Menurut situs The Verge meski hanya diperuntukan untuk para pengguna iOS, aplikasi ini sudah meraih lebih dari 10 juta unduhan.

Kehadiran Clubhouse pun membuat media sosial lain seperti Twitter hingga Facebook, berlomba untuk mengembangkan aplikasi serupa sebagai pesaing.

Baca juga: Kabar Gembira, Aplikasi Clubhouse Segera Hadir di Android

Aplikasi Clubhouse sendiri merupakan media sosial yang berbasis audio, pengguna dapat mendengarkan orang lain berbicara tentang banyak hal dan aplikasi ini tidak menghadirkan komunikasi dua arah bila tidak diizinkan untuk menjadi speaker atau pembicara. (Hari Darmawan)

Penulis:
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved