Breaking News:

Berita Bogor

Bima Arya Sebut Kota Bogor Satu-satunya Kota di Indonesia yang Visinya Ramah Terhadap Keluarga

Bima Arya sebut Kota Bogor satu-satunya kota di Indonesia yang visinya ramah terhadap keluarga.

Dok. Pemkot Bogor
Bima Arya sebut Kota Bogor satu-satunya kota di Indonesia yang visinya ramah terhadap keluarga. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Bima Arya sebut Kota Bogor satu-satunya kota di Indonesia yang visinya Ramah Terhadap Keluarga

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor menggelar acara peningkatan pemahaman paliatif dan pembekalan fasilitas kesehatan dirangkaikan dengan pemberian simbolis donasi pasien kanker di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (12/4/2021).

Wali Kota Bogor, Bima Arya, menyebutkan bahwa Kota Bogor satu-satunya kota di Indonesia yang secara tegas menyatakan visinya sebagai kota yang ramah terhadap keluarga.

“Di Indonesia dan di dunia cuma Kota Bogor, visi ini sederhana tapi sarat makna. Dari visi ini kemudian diturunkan ke dalam misi yakni menjadi kota sehat, kota sejahtera dan kota cerdas,” katanya.

"Misi nomor satu itu sehat karena ujung-ujungnya target kita menyehatkan bangsa dan keluarga. Dimensi ini yang sering kali tidak tepat, banyak pemerintah daerah yang salah menyiapkan hanya dalam aspek kuratif nakes, faskes. Jaminan ini tentu perlu, tapi kesehatan multi dimensi dan multi sektor jadi tidak sesederhana itu," ujarnya.

Baca juga: Cegah Gelombang Kedua Covid-19, Bima Arya Ingatkan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat Saat Ramadan

Menurut Bima Arya, Kota Bogor harus lebih intensif untuk menjaring asuhan paliatif dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan dan dasawisma.

Selain itu, membangun sistem paliatif penting, sehingga bukan hanya melakukan pendataan terapi, namun pemerintah harus hadir meringankan penderita dan membuat hidupnya berkualitas.

"Saya minta Rumah Sakit fokus pada di ujung sana, sampaikan kita fokus pada kolaborasi multi disiplin dan penguatan setiap level, jadi mendekatkan Bogor sebagai kota keluarga hadir melalui jejaringnya," tuturnya.

Baca juga: Bima Arya Sampaikan Pentingnya Rantai Koordinasi Pemanfaatan Kekayaan Laut Saat Berada di Gorontalo

Di tempat yang sama, Ketua YKI Kota Bogor, Yane Ardian mengatakan, pertemuan kali ini dalam rangka peringatan hari kanker sedunia di Februari lalu dengan acara bertajuk giat aksi dan belajar jejaring asuhan paliatif Kota Bogor.

Asuhan Paliatif merupakan tindakan komprehensif asuhan medis bagi pasien yang hidup dengan penyakit serius, beserta keluarga mereka.

Pemkot Bogor bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor menggelar acara peningkatan pemahaman paliatif dan pembekalan fasilitas kesehatan
Pemkot Bogor bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bogor menggelar acara peningkatan pemahaman paliatif dan pembekalan fasilitas kesehatan (Dok. Pemkot Bogor)
Halaman
12
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved