Breaking News:

Anies Minta Warga Bisa Menahan Diri Meski Sudah Ada Kelonggaran

Anies mengingatkan di bulan puasa ini, godaan untuk kumpul-kumpul, baik untuk beribadah maupun silaturahmi akan sangat besar

Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa kali kedua menjalani ramadan di tengah pandemi Covid-19. Namun ramadan kali ini sedikit berbeda dengan adanya banyak kelonggaran yang diberikan.

Langkah ini diberikan karena proses vaksinasi di Jakarta terus berjalan dengan cepat, dengan prioritas tenaga kesehatan, warga lansia dan petugas pelayan publik.

Jika sebelumnya ibadah tarawih hanya dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga. Kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbolehkan salat tarawih di Masjid dengan kapasitas 50 persen.

“Kini salat tarawih berjamaah di masjid, di lingkungan sendiri, diperbolehkan dengan kapasitas maksimal 50 persen dan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat,” kata Anies Baswedan di kutip di akun instagram miliknya @Aniesbaswedan, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: VIDEO Petani Timun Suri di Pamulang Sebut Penjualan Meningkat Pada Tahun Ini

Baca juga: Rizki DA Sah Jadi Ayah, Mengapa Belum Bisa Temui Nadya Mustika dan Anaknya yang Baru Dilahirkan?

Meski ada beberapa kelonggaran yang diberikan, Anies menyebut patut disyukuri, hanya saja pandemi belum usai. Bahka beberapa negara lain saat ini sedang mengalami lonjakan kasus, bahkan sudah gelombang ketiga akibat varian baru Covid-19. Karena itu penting sekali untuk kita serius mencegah agar hal tersebut tidak terjadi di sini.

Anies mengingatkan di bulan puasa ini, godaan untuk kumpul-kumpul, baik untuk beribadah maupun silaturahmi akan sangat besar. Namun menahan nafsu, menahan godaan, bukankah itu inti dari ibadah di bulan suci Ramadan ini?

“Penting sekali untuk kita tahan godaan, jaga amanah, dan tidak menyia-nyiakan kelonggaran yang telah dibolehkan. Risiko tertular dan menularkan itu masih ada, termasuk teman-teman yang sudah divaksin,” kata Anies.

Baca juga: Saling Lempar Tanggung Jawab Soal Jalan Amblas, DPRD Depok Panggil Dinas PUPR dan Pengembang GDC 

Baca juga: Tak Perlu Jauh-jauh ke Satpas Kini Masyarakat bisa Buat dan Perpanjang SIM Lewat Online, Ini Caranya

Anies mengingatkan kepada masyarakat DKI untuk menghindari mengadakan buka bersama, kumpul-kumpul keluarga begitu banyak, tanpa ada menjaga jarak, apalagi sampai membuka masker.

“Tahun ini prioritaskan keselamatan, keselamatan dan keselamatan. Hari ini kemenangan itu sudah di depan mata, kita sudah menuju kondisi yang lebih baik. Mari kita tahan diri. Mari kita tetap disiplin,” ucapnya.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan bahwa kelonggaran selama bulan Ramadan yang diberikan oleh Pemprov DKI saat pandemi, salah satunya terkait turunnya kasus positif Covid-19.

“Ya salah satu pertimbangannya memang positifnya terus menurun,” kata Ariza di Balai Kota, Selasa (13/4/2021).
Di lain sisi, saat Ramadan banyak masyarakat yang melakukan aktifitas makan malam pada malam hari serta dini hari saat menjelang sahur.

Baca juga: VIDEO Saling Lempar Tanggungjawab Jalan Amblas GDC, DPRD Depok Panggil Dinas PUPR dan Pengembang 

Baca juga: Berani Melanggar Aturan Pelarangan Mudik, Ini Ancaman Pihak Korlantas Polri buat Para Travel Gelap

Sehingga Pemprov DKI memperpanjang waktu buka usaha restoran. “Rumah makan sampai jam 11 kan jelas orang ramadan kan makannya malem. Kita kan memberi kesempatan orang makan sebanyak mungkin waktunya,” katanya.

Berdasarkan data, dikatakan Ariza jumlah tempat tidur di rumah sakit saat ini 41 persen. untuk ruang ICU sebesar 48 persen.

Sehingga mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan yang lalu yang mencapai 80 persen, dan nyaris ketersediaan tempat tidur habis. “Jadi, sudah turun luar biasa, ini berkat kerja sama semua pihak, dukungan masyarakat tentunya,” kata Ariza.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved