Breaking News:

Banjir bandang di NTT

TNI AL Kerahkan KRI Tanjung Kambani Angkut 300 Ton Bantuan untuk Korban Bencana NTT

TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan KRI Tanjung Kambani - 971 untuk mengangkut 300 ton bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam di NTT

Tribunnews.com
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono memeriksa langsung barang bantuan yang sudah dimuat di lambung KRI Tanjung Kambani yang sandar di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok Jakarta Utara pada Senin (12/4/2021) 

Wartakotalive.com, Jakarta - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan KRI Tanjung Kambani - 971 untuk mengangkut 300 ton bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam di NTT dari Dermaga JICT 2 Tanjung Priok Jakarta Utara pada Senin (12/4/2021).

Sejumlah bantuan yang dibawa oleh KRI Tanjung Kambani berasal dari kementerian dan lembaga pemerintah, swasta, Keusukupan Agung Jakarta, serta elemen masyarakat lainnya.

Bantuan tersebut antara lain satu unit excavator dari Kemensos RI, 10 unit genset tiger dan 5 karung sarung dari PIBPG GBI, pakaian, perlengkapan wanita dan bayi, ribuan karung beras, air mineral, baju anak-anak, mie instan, selimut, handuk, dan barang-barang lainnya.

KRI tersebut direncanakan tiba pada 19 April 2021 setelah sebelumnya akan sandar dan mengangkut bahan bantuan lain dari Surabaya.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sempat memeriksa langsung barang bantuan yang sudah dimuat di lambung KRI Tanjung Kambani yang sandar di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok Jakarta.

Yudo mengatakan total bantuan yang dikirim dari Jakarta berjumlah sekitar 300 ton.

"Pada sore hari ini KRI Tanjung Kambani akan memuat kurang lebih 300 ton yang nanti akan ke Surabaya. Di sana sudah menanti kurang lebih 400 ton lagi sehingga nanti bisa mengangkut sekitar 700 ton," kata Yudo usai melakukan pemeriksaan.

Yudo mengatakan sejak awal bencana di NTT, TNI AL telah mengerahkan baik alutsista maupun personelnya untuk membantu korban terdampak bencana di NTT beberapa waktu lalu.

"Jadi sejak awal bencana kita sudah distribusikan bantuan maupun kita kerahkan unsur-unsur kita baik KRI, Pesawat, ini asalah perintah dari Panglima TNI untuk segera tanggap darurat terhadap bencana yang ada di derah sehingga kita kerahkan dari awal baik pesawat maupun KRI kita.

Di samping kita melaksanakan latihan, namun demikian ada KRI KRI kita yang kita siapkan juga untuk mengirim bantuan kepada rekan-rekan kita yang terdampak bencana di NTT," kata Yudo.

Halaman
123
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved