Breaking News:

Kabar Duka

Encu Subekti Meninggal Dunia, Jurnalis Senior yang Akhir Hayatnya Berbakti untuk Pendidikan Wartawan

Encub Subekti, wartawan senior, meninggal dunia. Encub Subekti bin Sarbini dimakamkan TPU Kompleks Astek, Serpong, Banten, Minggu (11/4/2021).

Marah Sakti Siregar
Encub Subekti, wartawan senior, meninggal dunia. Encub Subekti bin Sarbini dimakamkan TPU Kompleks Astek, Serpong, Banten, Minggu (11/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Encub Subekti meninggal dunia.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kehilangan tokoh yang menghabiskan aktivitas di akhir hayatnya demi pendidikan wartawan Indonesia. 

Berikut tulisan Wina Armada, wartawan senior/mantan Sekjen PWI/mantan anggota Dewan Pers/penasehat ahli Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Ketika saya masih “calon anggota” PWI, jenjang terendah keanggotaan PWI, sesuai dengan ketentuan PD PRT PWI kala itu, saya menempuh ujian kenaikan tingkat ke jenjang berikutnya sebagai “anggota muda” di PWI Provensi DKI Jakarta.

Salah satu penguji dan pemeriksa ujian saya ialah Pak Encub Subekti, yang meninggal dunia, Minggu (11/4/2021).

Demikian pula waktu kenaikan  status saya menjadi “anggota biasa” dari anggota muda, Pak Bekti yang sedang menjabat sebagai Skretaris PWI Jaya, Ketua PWI Jaya saat itu Massun Pranoto, menjadi penguji saya.

Dia pulalah yang antara lain menandatangani sertifikat saya. Dia punya pengalaman sebagai wartawan harian Kami dan kemudian di Pos Kota Group, tapi sejak awal tak sedikit pun dia menunjukan sikap arogansi sebagai senior.

Encup Soebekti, wartawan senior, meninggal dunia.
Encup Soebekti, wartawan senior, meninggal dunia. (Istimewa)

Pak Bekti, begitu saya memanggilnya, (sebagian lagi menyebutnya “Pak Encub,”) selalu membimbing dan memberi jalan terhadap problematik yang ada.

Pengetahuan teori tentang jurnalistiknya sangat luas. Maka ketika mengajar feutures, misalnya, beliau selalu memakai pengetahuan teorinya itu sebagai alat menerangkan agar lebih luas, mendalam dan mudah difahami.

Persahabatan saya dengan Pak Bekti sebagai yunior dan sejawat, terus berkembang, termasuk lantas ketika kami sama-sama menjadi pengurus PWI tingkat Jaya dan PWI Pusat. Perhatiannya kepada bidang pendidikan, membuat dia lebih sering ditempatkan di bidang yang terkait pendidikan.

Halaman
1234
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved