Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Di Bojonggede Selama Puasa Dilarang Berjualan Makanan pada Siang Hari dan Makan di Tempat Umum

Di Bojonggede ada larangan bagi penjual makanan untuk berjualan siang hari dan warga dilarang makan di tempat umum selama Bulan Ramadan.

Warta Kota/Yudistira Wane
Babin Kamtibmas Polsek Bojonggede Aipda Sodikin saat memberikan keterangan terkait Kamtibmas di Desa Bojonggede, Kabupaten Bogor menjelang Bulan Ramadan 1443 Hijriah. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Di Bojonggede ada larangan bagi penjual makanan untuk berjualan siang hari dan warga dilarang makan di tempat umum selama Bulan Ramadan.

Hal itu disampaikan Babin Kamtibmas Polsek Bojonggede Aipda Sodikin, Senin (12/4/2021). Ia mengungkapkan, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor memiliki tradisi tersendiri saat memasuki bulan suci Ramadan.

Memasuki bulan suci Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah Desa Bojonggede, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Desa Bojonggede, Babin Kamtibmas dan Babinsa melakukan pertemuan untuk membahas tradisi yang dari dahulu sudah diterapkan.

Baca juga: Buka Bersama Dilarang di Depok, Selain Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19, Ini Alasan Lainnya

Babin Kamtibmas Desa Bojonggede Aipda Sodikin mengatakan bahwa tradisi Desa Bojonggede terutama saat warga menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu bagian agar masyarakat tidak merasa terganggu.

"Aturan MUI, DKM, dan unsur lainnya di Desa Bojonggede dari dulu itu penjual makanan dilarang menyajikan makanan siang hari, rental PS, warnet dilarang buka saat waktu magrib sampai seterusnya, serta warga dilarang makan di tempat umum," jelasnya.

Sementara itu, terkait keamanan dan ketertiban masyarakat, Sodikin menjelaskan bahwa saat ini situasi kondusif.

Baca juga: MINUM Jamu di Bulan Ramadan Itu Baik Tapi Hati-hati Jangan Asal Minum, Ini Nasihat Ketua PDPOTJI

Kendati demikian, Sodikin mengaku akan terus memberikan sosialisasi terhadap remaja yang kerap membangunkan sahur.

"Kamtibmas masih kondusif. Biasanya menjelang sahur perlu sosialisasi kepada anak muda kalau membangunkan sahur agar tidak berlebihan membangunkannya, karena kalau berlebihan justru itu mengganggu orang lain dan dapat memicu hal yang tidak diinginkan," tegasnya.

Terkait hiburan malam, Sodikin menegaskan bahwa di Desa Bojonggede tidak terdapat tempat hiburan malam.

Baca juga: Penjual Makanan Mengandung Boraks dan Formalin Akan Diselidiki

"Kerawanan biasanya hiburan malam ya. Tapi di sini sudah tidak ada. Kami terus berkomunikasi dan berkoordinasi agar wilayah Desa Bojonggede tetap kondusif," bebernya.

Sodikin mengimbau agar seluruh warga di Desa Bojonggede tetap menghormati satu sama lain, seperti yang sudah dijalankan sebelumnya.

"Saya imbau tokoh agama, tokoh warga agar sama-sama menjaga ketertiban, apalagi selama bulan ramadan ini. Kita tetap jalankan kehidupan yang rukun, aman dan nyaman," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved