Breaking News:

Vaksinasi Bagi Warga Lansia di Jakarta Pusat Terkendala Data

sebenarnya vaksinasi lansia di Jakarta Pusat telah mencapai 98 persen.

Warta Kota/Joko Suprianto
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menargetkan vaksinasi untuk lansia rampung sebelum ramadan mendatang.

Hingga saat ini proses vaksinasi terus di kebut untuk mencapai target itu. Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan target vaksinasi lansia sebelum ramadan ini sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kita ingin melakukan akselerasi vaksinasi bagi lansia, kami ingin yakinkan bahwa seluruh lansia di Jakarta Pusat itu sudah di vaksinasi dengan baik, itu tujuan kita,” kata Dhany, Kamis (8/4/2021).

Dhany mengakui jika target vaksinasi lansia sendiri sempat di targetkan pada 31 Maret 2021 selesai dilakukan, hanya saja memang ada beberapa kendala terkait data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dengan Dukcapil.

Baca juga: FUI Medan Bubarkan Pertunjukan Kuda Kepang, IPW Desak Kapolda Sumut Sapu Bersih Kelompok Radikal

Baca juga: VIDEO Polres Metro Bekasi Hancurkan Puluhan Knalpot Racing Hasil Razia

Dimana di dalam data banyak lansia yang terdata telah pindah wilayah, dan ada pula beberapa data masuk lansia yang baru menetap di Jakarta Pusat.

Data lainnya yaitu banyak lansia yang terdata sudah meninggal dunia. Untuk itu pihaknya masih mencocokan data yang ada untuk percepatan vaksinasi ini.

“Yang penting kita akan lakukan verifikasi data yang secara defakto, kemudian kita lakukan penjangkauan. Intinya lansia yang ada di Kelurahan itu adalah lansia yang kita ajak untuk melakukan vaksinasi,” katanya.

Dilain sisi, dibukanya sentra vaksinasi yang menyasar ke wilayah dengan menggunakan beberapa fasilitas seperti RPTRA, sekolah, dan di ruang yang terdapat akses internetnya dapat membantu proses percepatan vaksinasi.

Apalagi para lansia ini memiliki keterbatasan untuk aktifitas sehingga Pemerintah Kota Jakarta Pusat perlu mendekatkan layanan ke sana yang mudah untuk di jangkau para lansia. Tak menutup kemungkinan sentra vaksinasi pun akan diperbanyak.

“Pokoknya kita lakukan penjangkauan penyisiran mengajak kemudian kita berikan pengertian edukasi, bagi lansia untuk menjangkau dan kita ajak ke titik vaksin,” ujarnya.

Baca juga: Satu Hari Jelang Pelantikan Pengurus Periode 2020-2024, PP PBSI Menggelar Tes PCR di Swiss Hotel

Baca juga: Vino G Bastian dan Mawar De Jongh Beradu Akting dalam Film Lockdown

Sementara, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari mengatakan sebenarnya vaksinasi lansia di Jakarta Pusat telah mencapai 98 persen.

Untuk itu ia yakin proses vaksinasi lansia dapat selesai sesuai target. Data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) hingga awal April 2021 sebanyak 126.534 lansia atau sekitar 98 persen dari total 129.019 jiwa telah divaksin.

“Kita yakinlah ini bisa tercapai. Karena kan memang targetnya. Kita juga terus bekerja bahkan hari Sabtu Minggu pun juga lakukan vaksinasi lansia,” ucapnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved