Breaking News:

Sport

Rayi Muhammad Radiansyah Tegaskan Stadion Merpati Kota Depok Diprioritaskan untuk Masyarakat Umum

Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah, mengatakan Stadion Merpati Kota Depok untuk umum.

TribunnewsBogor.com
Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah, mengatakan bahwa Stadion Merpati Kota Depok diprioritaskan untuk masyarakat umum.

Menurut Rayi, selama Pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang membuat komunitas sepak bola untuk sekedar mencari keringat dan menjaga imun tubuh.
Rayi membeberkan bahwa pihaknya saat ini memprioritaskan masyarakat umum untuk dapat menikmati fasilitas yang ada di Stadion Merpati Kota Depok.
Kendati demikian, Rayi memaparkan bahwa Stadion Merpati Kota Depok dapat digunakan masyarakat umum dalam skala orang terbatas dan bukan untuk pelaksanaan dalam format turnamen.
"Lapangan Merpati ini saat ini digunakan oleh klub-klub sepak bola atau komunitas sepak bola di Kota Depok atau Bogor untuk sparing. Selama pandemi ini hanya sparing. Minimal trofeo," kata Rayi, Kamis (8/4/2021).
Rayi pun menekankan bahwa pihaknya juga harus melakukan pemeliharaan agar rumput lapangan selalu terjaga.
"Lapangan itu untuk hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis tidak digunakan karena itu masa pemeliharaan dan perawatan. Tapi rata-rata hari Kamis itu digunakan ASN untuk bermain. Kalau untuk umum kita buka Jumat, Sabtu dan Minggu," jelas Rayi.
Selain itu, Rayi menjelaskan tata cara aturan apabila masyarakat umum ingin menggunakan Stadion Merpati Kota Depok untuk bermain sepak bola.
"Jadi kalau masyarakat khususnya Kota Depok atau umumnya dari daerah lain, dipersilakan dengan syarat mengajukan surat permohonan penyewaan, membayar retribusi sebesar Rp 550 ribu per jam dan harus menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan," papar Rayi.

Diminati Jadi Homebase

Stadion Merpati Kota Depok dikabarkan layak dan masuk kategori standar tempat penyelenggaraan pertandingan Liga 2.

Standar kelayakan itu ditentukan PT Liga Indonesia Baru selaku pihak verifikator sekaligus operator penyelenggara kompetisi sepak bola Indonesia.

Adapun standar kelayakan Liga 2 itu mencakup kualitas rumput, ukuran lapangan yang memadai, memiliki drainase, technical area, team bench, ruang ganti pemain, wasit, panpel, (kapasitas, toilet, shower, kursi-locker, pendingin, meja massage, dan lainnya.

Selain itu, fasilitas penunjang lainnya yang harus terpenuhi di antaranya fasilitas medis, doping control room, fasilitas media (entrance, press conference room, media center, media tribune, mixed zone, photografer area), fasilitas penonton (area parkir, pintu masuk, jalur tribun, VVIP area, evakuasi, sanitas).

Mendengar kabar Stadion Merpati Kota Depok layak menggelar pertandingan Liga 2, Kasi Pembinaan Olahraga Rekreasi dan Fungsional Disporyata Kota Depok, Rayi Muhammad Radiansyah, senang.

Menurutnya, renovasi sarana prasarana olahraga yang dilakukan Pemerintah Kota Depok perlahan dapat dilihat dan dirasakan publik.

"Alhamdulillah, apabila Stadion Merpati ini dianggap layak dijadikan pertandingan sepak bola Liga 2. Kapasitas, rumput, ruang media memang termasuk kategori layak," kata Rayi saat ditemui di Kantor Diporyata Kota Depok, Kamis (8/4/2021).

Rayi membenarkan bahwa sejauh ini sejumlah tim sudah melakukan pengajuan untuk dapat menggunakan Stadion Merpati sebagai homebase.

Halaman
1234
Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Sigit Nugroho
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved