Breaking News:

Berita Jakarta

Pemprov DKI Klaim Pelaksanaan PTM di 85 Sekolah Berjalan Lancar, Tak Ditemukan Pelanggaran Prokes

Dinas Pendidikan DKI Klaim Pelaksanaan PTM di 85 Sekolah Berjalan Lancar. Tidak Ditemukan Adanya Pelanggaran protokol Kesehatan

Istimewa
Ilustrasi Pembelajaran tatap muka (PTM) 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengklaim, proses uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) yang digelar pada Rabu (7/4/2021) berjalan lancar.

Artinya, belum ada laporan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19 atau hal lainnya di sebanyak 85 sekolah yang menerapkan PTM.

"Ini baru satu hari, Alhamdulillah belum ada laporan yang signifikan, dalam tanda petik (dalam artian) laporan bermasalah," kata Kepala Sub Bagian Humas Kerja Sama Antar Lembaga pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja pada Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Kalah Berdebat, Laskar Khusus FUI Medan Ludahi Perempuan Ketika Bubarkan Pertunjukan Kuda Kepang

Taga mengatakan, pihaknya bersama instansi lain yang mengawasi pelaksanaan PTM ini sebetulnya telah berkomitmen, bahwa evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh. Artinya, evaluasi dilakukan sejak PTM diterapkan pada Rabu (7/4/2021) sampai Kamis (29/4/2021) mendatang.

"Selama ini masih landai aja yah lancar, tapi kan kami sudah sepakat, nanti sampai tanggal 29 April dilakukan evaluasi total. Apakah piloting ini diteruskan atau tidak," ujarnya.

Baca juga: Jokowi Kembali Berlakukan Larangan Mudik Lebaran, Terminal Bayangan Justru Marak di Jakarta Selatan

Untuk saat ini, kata dia, kegiatan PTM ditiadakan di 85 sekolah tersebut untuk disterilisasi, sehingga pelajar mengikuti pembelajaran melalui virtual.

Sekolah akan kembali digunakan di hari berikutnya, dan sistem seperti ini akan terus dilakukan untuk jenjang kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA selama masa uji coba.

"Ini kan lagi libur sekarang, besok mulai lagi hari kedua dalam artian hari kedua adalah PTM-nya," ungkapnya.

Baca juga: Erick Thohir Dorong Kepemimpinan Muda, Perempuan, dan Talenta dari Indonesia Timur di BUMN

Seperti diketahui, sebanyak 85 sekolah di Jakarta menerapkan pembelajaran campuran (blended learning), yang terdiri dari 50 persen PTM dan 50 persen belajar dari rumah melalui online. Uji coba ini telah dimulai sejak Rabu (7/4/2021) sampai Kamis (29/4/2021) mendatang, dan dilakukan secara bergantian dari jenjang kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA.

Sedangkan, jenjang PAUD, TK, kelas 1, 2 dan 3 tetap belajar di rumah melalui virtual. Uji coba PTM ini dilakukan sebagai persiapan menghadapi PTM sesungguhnya yang digelar pada Juli 2021 mendatang.

Hal ini sebagaimana keputusan yang ditetapkan empat menteri RI melalui surat keputusan bersama (SKB). Empat menteri itu di antaranya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; Menteri Agama; Menteri Kesehatan; dan Menteri Dalam Negeri. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved