Breaking News:

PBSI

Eng Hian Pelatih Ganda Putri, Perubahan Skor Jadi 5x11 Permainan Semakin Menarik

Menurut Eng Hian, format 5x11 merupakan hal yang baru, tapi hal itu tak ada masalah jika format tersebut masif diadakan agar para pemain terbiasa

badmintonindonesia.org
Eng Hian, kepala pelatih ganda putri utama pelatnas PBSI tidak masalahkan wacana perubahan skor bulu tangkis dari 3x21 menjadi 5x11 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian turut memberikan respon atas rencana PBSI yang mengajukan perubahan format poin dari 3x21 menjadi 5x11.

Menurut Eng Hian, format 5x11 merupakan hal yang baru. Akan tetapi hal itu tak ada masalah jika sebelumnya format tersebut masif diadakan agar para pemain terbiasa.

“Perubahan 5x11 poin, tentu ini sesuatu yang baru. tak ada masalah sih untuk ganda putri. tentu semua perubahan perlu adaptasi, tapi menurut saya pemain ganda tak masalah yang jadi masalah jika diubah 5x60. Itu akan jadi masalah,” kata Eng Hian.

“Jadi kalau menurut pendapat saya pribadi. Semakin pendek (perolehan poin) semakin bagus untuk pemain Indonesia,” sambungnya.

Juara Thailand Open 2021, Greysia Polii/Apriyani Rahayu diapit pelatihnya Eng Hian usai menerima trophy juara
Juara Thailand Open 2021, Greysia Polii/Apriyani Rahayu diapit pelatihnya Eng Hian usai menerima trophy juara (Humas PBSI)

Pria yang akrab disapa Koh Didi itu menilai anak asuhnya khususnya ganda putri bakal cepat beradaptasi lantaran perubahan format 5x11 justru tak butuh banyak stamina.

Terlebih menurutnya para pemain Indonesia punya daya tahan tubuh yang tidak begitu tinggi sehingga sangat tepat jika menggunakan format 5x11.

“Kalau kita bicara ganda putri, itu pemain-pemain Indonesia punya skil dari pemain-pemain negara lain. Jadi kalau semakin pendek itu tak perlu banyak butuh ketahanan,” kata Eng Hian.

Baca juga: PBSI Batalkan Penyelenggaraan Indonesia Masters Super 100, Karena Pandemi Belum Menurun

Baca juga: PBSI Ajukan Perubahan Sistem Skor Bulu Tangksi ke BWF dari 3x21 Menjadi 5x11

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Harus Memilih Jadi Sekjen PP PBSI Atau Ketum PB ISSI

“Pada dasarnya pemain kita dari sisi ketahanan agak lemah. Jadi semakin pendek saya pikir semakin bagus. Ada keuntungan lebih untuk pemain kita sepertinya,” pungkasnya.

Sebelumnya, PP PBSI bersama Federasi Bulutangkis Maladewa, resmi mengajukan usulan perubahan sistem skor pertandingan bulutangkis kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Dari format 3x21 menjadi 5x11.

Halaman
12
Penulis: Abdul Majid
Editor: Umar Widodo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved