Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Bulan Suci Ramadan 2021, Berikut Panduan Ibadah Ramadan di Masa Pandemi Covid-19 Resmi dari Kemenag

Bulan Suci Ramadan 2021, berikut ini Surat Edaran Panduan Ibadah Ramadan di masa pandemi Covid-19 resmi dari Kemenang RI.

net
Ilustrasi: Bulan Suci Ramadan 2021, berikut ini Surat Edaran Panduan Ibadah Ramadan di masa pandemi Covid-19 resmi dari Kemenang RI. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Jelang Bulan Suci Ramadan 2021, wabah virus corona atau Covid-19 kini masih melanda seluruh wilayah di Indonesia.

Lalu, bagaimana panduan puasa Ramadan hingga aturan ibadah puasa Ramadan selama pandemi Covid-19 ini?

Maka itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan Surat Edaran Kemenag terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Diketahui, Surat Edaran No 03 tahun 2021 ini ditujukan ke beberapa pihak terkait.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa Selama Bulan Suci Ramadan? Ini Penjelasan Dokter Spesialis Kandungan

Baca juga: Puasa Senin dan Kamis, Apa Manfaat Bagi Tubuh Bila Dilaksanakan Rutin? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Bulan Suci Ramadan, Ini Bacaan Niat, Doa Sahur dan Berbuka Puasa Berlafaz Arab, Latin Hingga Artinya

Seperti Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Kepala Kankemenag Kab/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia, serta para Pengurus dan Pengelola Masjid dan Musala.

Isi surat edarannya, umat Islam, kecuali bagi yang sakit atau atas alasan syar'i lainnya yang dapat dibenarkan, wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan sesuai hukum syariah dan tata cara ibadah yang ditentukan agama.

"Sahur dan buka puasa dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti," ujar Yaqut dalam surat edarannya, Senin (5/4/2021).

Pembatasan Jemaah Salat Tarawih, Terapkan Protokol Kesehatan

Umat ??Muslim mempertahankan jarak sosial ketika mereka menawarkan doa malam khusus 'Taraweeh' menjelang hari pertama bulan suci Ramadhan di sebuah masjid di Karachi pada 24 April 2020.
Umat ??Muslim mempertahankan jarak sosial ketika mereka menawarkan doa malam khusus 'Taraweeh' menjelang hari pertama bulan suci Ramadhan di sebuah masjid di Karachi pada 24 April 2020. (Asif HASSAN / AFP)

Kegiatan buka puasa bersama harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan.

Terdapat sejumlah ketentuan untuk pengurus masjid dan musala dalam menyelenggarakan kegiatan ibadah.

Halaman
1234
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved