Breaking News:

Berita Bekasi

25 Knalpot Racing Dimusnahkan, Pelanggar Diwajibkan Memakai Knalpot Standar Motor

Polres Metro Bekasi memusnahkan puluhan knalpot racing hasil razia kendaraan bermotor di beberapa jalan di Kabupaten Bekasi.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Polres Metro Bekasi memusnahkan knalpot racing motor di halaman Polres Metro Bekasi, Kamis (8/4/2021). Motor-motor berknalpot racing itu dirazia dari jalan-jalan di Kabupaten Bekasi karena menimbulkan polusi suara alias bising. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Polres Metro Bekasi memusnahkan puluhan knalpot racing hasil razia kendaraan bermotor di beberapa jalan di Kabupaten Bekasi.

Pemusnahan knalpot racing  dilakukan di halaman Polres Metro Bekasi disaksikan Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Rickson Situmorang, dan Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani, Kamis (8/4/2021).

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com, knalpot racing itu dimusnahkan dengan mesin pemotong besi maupun mesin press.

Baca juga: Assesmen Berjalan, Sekolah Uji Coba Belajar Tatap Muka di Jakarta Utara Bisa Bertambah

Kemudian, pelanggar lalu lintas itu diminta menyaksikan langsung, kemudian melakukan penggantian knalpot standar.

Wakapolres Metro Bekasi AKBP Rickson PM Situmorang mengatakan, ada 25 knalpot racing yang dimusnahkan dari razia di sejumlah ruas jalan.

Baca juga: Catat! Mulai Besok Senin, Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra 2020, Target Knalpot Racing

Baca juga: VIDEO VIRAL! Berawal Geber Knalpot Racing, Warga di Dua Desa Bentrok saat Lebaran, 56 Rumah Dibakar

Polres Metro Bekasi memusnahkan knalpot racing motor di halaman Polres Metro Bekasi, Kamis (8/4/2021). Motor-motor berknalpot racing itu dirazia dari jalan-jalan di Kabupaten Bekasi karena menimbulkan polusi suara alias bising.
Polres Metro Bekasi memusnahkan knalpot racing motor di halaman Polres Metro Bekasi, Kamis (8/4/2021). Motor-motor berknalpot racing itu dirazia dari jalan-jalan di Kabupaten Bekasi karena menimbulkan polusi suara alias bising. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Pemusnahan knalpot racing itu dalam rangka menegakkan aturan undang-undang lalu lintas dan membuat efek jera bagi pemilik kendaraan berknalpot racing.

"Sengaja kita minta pemiliknya hadir, biar lihat langsung, dan langsung menggantinya dengan knalpot standar. Lalu boleh kembali dibawa pulang kendaraannya," katanya, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, penggunaan knalpot racing meresahkan masyarakat karena suaranya bising dan menimbulkan polusi suara.

Hal tersebut juga dalam rangka menciptakan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas dan dalam rangka  menghadapi Bulan Suci Ramadan 2021.

"Kami mengharapkan supaya para pengguna kendaraan sepeda motor khususnya roda dua yang ada di Kabupaten Bekasi untuk bisa menaati segala aturan yang sudah ada," ujarnya.

Baca juga: Pertamina: Motor Pakai Knalpot Racing Tidak Dilayani di SPBU

Baca juga: Polres Jakarta Barat Tilang 50 Motor dengan Knalpot Racing

Polres Metro Bekasi merazia knalpot racing motor dan memusnahkannya di halaman Polres Metro Bekasi, Kamis (8/4/2021). Motor-motor berknalpot racing itu dirazia dari jalan-jalan di Kabupaten Bekasi karena menimbulkan polusi suara alias bising.
Polres Metro Bekasi merazia knalpot racing motor dan memusnahkannya di halaman Polres Metro Bekasi, Kamis (8/4/2021). Motor-motor berknalpot racing itu dirazia dari jalan-jalan di Kabupaten Bekasi karena menimbulkan polusi suara alias bising. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Rickson menambahkan, petugas akan terus gencar melakukan razia knalpot racing atau polusi suara yang menyebabkan bising.

Pemilik kendaraan bakal diberikan tindakan berupa tilang serta penahanan motor sementara sampai knalpotnya diganti knalpot standar.

"Jadi sangat diharapkan kendaraan bermotor harus sesuai spesifikasi dari pabrik."

"Pertama untuk menjamin pengguna yang memakai jalan dan yang  kedua menciptakan rasa aman sehingga penggunaan tidak menganggu orang lain yang ada di sekitarnya," Rickson.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved