Breaking News:

Kasus Narkoba

UPDATE Kasus 403 Kg Sabu:  4 WNA dan 9 WNI Dijatuhi Vonis Hukuman Mati PN Cibadak Sukabumi

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cibadak, Sukabumi menjatuhi vonis hukuman mati kepada empat WNA asal Timur Tengah dan sembilan WNI.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjatuhi vonis hukuman mati kepada empat warga negara asing (WNA) asal Timur Tengah dan sembilan WNI, Selasa (6/4/2021). Foto ilustrasi: BNN melakukan pemusnahan barang bukti sabu dan ganja yang diungkap dari tujuh kasus narkoba dengan 12 orang tersangka. 

WARTAKOTALIVE.COM, SUKABUMI -- Pengadilan Negeri Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat hari Selasa (6/4/2021) menggelar sidang kasus penyelundupan 403 kg sabu-sabu ke Indonesia melalui Sukabumi.

Dalam sidang yang digelar secara daring itu, agenda sidang adalah pembacaan vonis yang dilakukan Majelis Hakim PN Cibadak pada kasus narkotika jaringan internasional.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjatuhi vonis hukuman mati kepada empat warga negara asing (WNA) asal Timur Tengah dan sembilan WNI.

Baca juga: Kades Askari Korupsi Dana Bansos Rp187,2 Juta, Dipakai Judi dan Sewa PSK, Kini Terancam Hukuman Mati

Baca juga: Juliari Peter Batubara Dianggap Lebih Layak Kena Hukuman Mati Dibanding Edhy Prabowo, Ini Alasannya.

Ke-13 terdakwa itu dijatuhi vonis hukuman mati karena terbukti bersalah menyelundupkan 403 kg sabu-sabu ke Indonesia melalui Sukabumi.

"Vonis yang dijatuhkan hakim kepada 13 terdakwa yang merupakan pengedar sabu-sabu jaringan internasional ini sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi yang menuntut mereka hukuman mati," kata Humas PN Cibadak Muhammad Zulqarnain di Sukabumi, Selasa (6/4/2021).

Vonis yang dibacakan majelis hakim untuk terdakwa dua WNA, yakni Husain dan Samiulah terbukti melanggar Pasal 114 ayat UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan telah melakukan tindak kejahatan dengan menjadi perantara penyelundupan narkotika golongan I (sabu-sabu).

Baca juga: Baru Sebulan Jadi Bandar Narkoba, Ibu Rumah Tangga Ini Terancam Hukuman Mati

Kemudian untuk dua terdakwa WNA lainnya juga melanggar Pasal 114 ayat 2 jo UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencucian Uang.

Sementara sembilan WNI lainnya juga melanggar pasal 114 ayat 2.

Untuk sembilan terpidana mati yang merupakan WNI mempunyai peran masing-masing dalam upaya menyelundupkan sabu-sabu senilai ratusan miliar rupiah ke Indonesia melalui perairan laut Sukabumi.

Adapun tugas WNI tersebut seperti menjadi perantara, ketua kelompok kecil dan kurir yang bertugas mengangkut sabu-sabu hingga masuk ke wilayah Indonesia.

Baca juga: Update Pembunuhan di Sukatani, Pelaku Terancam Hukuman Mati, Polisi Cari Kemungkinan Tersangka Lain

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved