Breaking News:

Literasi

Literasi Punya Peran Penting Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia

Pada awal Februari, Perpusnas memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk Kota Singkawang

Istimewa
Kegiatan diskusi Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Singkawang, Kalimantan Barat, pada Senin (5/4/2021 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA--Percepatan pengembangan tingkat kegemaran membaca dan indeks literasi masyarakat Indonesia terus dilakukan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas).

Sinergi dan kolaborasi dengan kementerian terkait, pemerintah daerah, dan berbagai pihak merupakan kata kunci guna meraih tujuan tersebut.

Salah satu sinergi yang dilakukan adalah dengan menggandeng Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi melalui Permendesa PDT & T Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

“Regulasi ini menjadi pedoman bagi kepala desa di dalam menentukan program pengembangan perpustakaan, pendirian perpustakaan, dan pengelolaan perpustakaan dengan didanai oleh dana desa,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi saat menjadi narasumber dalam kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Singkawang, Kalimantan Barat, pada Senin (5/4/2021).

Baca juga: Tingkatkan Literasi di Daerah, Kepala Perpustakaan Nasional Kukuhkan Bunda Baca Nagekeo

Yang tidak kalah penting adalah berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Permendagri Nomor 64 tahun 2020 tentang penyusunan pedoman APBD 2021 untuk pengembangan perpustakaan, pembudayaan kegemaran membaca, serta pelestarian dan pengembangan warisan dokumenter bangsa.

Deni menjelaskan, sejak 2019 aspek pemerataan kualitas layanan perpustakaan Perpusnas melalui pemberian bantuan dana alokasi khusus (DAK) fisik perpustakaan untuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota berupa pembangunan gedung, perluasan, renovasi gedung, perabot, TIK, dan koleksi.

Hingga 2021, ada dua kabupaten di Kalbar yakni Kabupaten Sanggau dan Sambas yang menerima bantuan pembangunan gedung. "Kami terus menunggu usulan dari teman-teman baik di Kalbar maupun di seluruh Indonesia untuk mengusulkan pembangunan fisik perpustakaan,” jelasnya.

Baca juga: Sinergi Pemerintah dengan Masyarakat Bisa Meningkatkan Budaya Literasi di Indonesia

Baca juga: Layanan Publik Perpusnas RI Raih Predikat Sangat Baik dari Kementerian PANRB

Perpusnas juga mendukung pengembangan perpustakaan di Singkawang. Hal ini diwujudkan melalui jalinan nota kesepahaman antara Perpusnas dengan Pemerintah Kota Singkawang, STIH Singkawang, dan STKIP Singkawang.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyatakan literasi berperan penting dalam indeks pembangunan manusia (IPM). Salah satu indikatornya adalah pendidikan, baik formal maupun nonformal, yang identik dengan literasi.

Dia menegaskan, orang yang menguasai literasi bisa menguasai berbagai ilmu dengan cepat dan bisa meningkatkan pemahaman tentang keilmuan.

Halaman
123
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved