Breaking News:

Berita Nasional

Indonesia Punya Potensi Green Economy Melalui Ekowisata, Tidak Perlu Eksploitasi Alam Besar-besaran

Dengan mengarah ke green economy, masyarakat sekitar kawasan konservasi alam pun tidak perlu melakukan eksploitasi alam secara besar-besaran

Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Alue Dohong, Wakil Menteri LHK 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBODAS - Konservasi alam tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bentuk forest healing atau memulihkan kondisi jasmani dan rohani seseorang, tapi juga bisa menjadi pemicu Indonesia menuju green economy atau ekonomi hijau melalui ekowisata.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong saat dirinya menyambangi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang juga merupakan sektor ekowisata yang dikelola KLHK, Cibodas, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021).

"Indonesia dengan adanya ekowisata seperti kaya gini (TNGGP) itu bisa menciptakan green economy," ujar Alue.

Baca juga: Pemakaman Pasutri Korban Pembunuhan di BSD Berjalan Lancar, Pihak Keluarga Apresiasi Natalia Rusli

Baca juga: Prof Maruarar sebut Polemik Kewarganegaraan Bupati Terpilih Orient Riwu Kore Wewenang Pemerintah

Tidak perlu eksploitasi alam besar-besaran

Menurut Alue, kawasan  konservasi alam seperti Taman Nasional (TN) yang sudah mengarah ke ekonomi hijau green economy dapat bersaing dengan brown economy atau kawasan pertambangan, seperti batu bara.

Dengan mengarah ke green economy, masyarakat sekitar kawasan konservasi alam pun tidak perlu melakukan eksploitasi alam secara besar-besaran untuk mendapatkan keuntungan.

"Jadi tidak perlu mengeksploitasi alam tapi jadi tulang punggung perekonomian bagi pendapatan negara atau pendapatan di daerah taman nasional," ungkapnya.

Baca juga: Prof Maruarar sebut Polemik Kewarganegaraan Bupati Terpilih Orient Riwu Kore Wewenang Pemerintah

Punya berbagai fungsi

Alue juga mengatakan, bahwa dengan penerapan green economy ini membuat ekosistem alam dan komponennya memiliki berbagai fungsi, peran serta potensi yang luar biasa untuk menyejahterakan masyarakat sekitar.

"Jadi paradigmanya yang berubah, tidak perlu mengeksploitasi alam lagi, tetapi dengan menerapkan multi environmental services," ujar Alue.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved