Perbaikan Jembatan

Dinas Bina Marga DKI Jakarta Gunakan Beton Cepat Keras saat Memperbaiki Jembatan di Cilincing

Perbaikan dua jembatan yakni Jembatan Cakung Drain dan Jembatan Blencong di Jalan Akses Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ditargetkan beres awal Juni.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Perbaikan Jembatan Cakung Drain dan Jembatan Blencong di Jalan Akses Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ditargetkan rampung pada awal Juni 2021 mendatang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perbaikan dua jembatan yakni Jembatan Cakung Drain dan Jembatan Blencong di Jalan Akses Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ditargetkan rampung pada awal Juni 2021 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Bernhard Gultom, mengatakan proses perbaikan sudah dilakukan mulai Kamis (1/4/2021) silam. 

"Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu sampai tiga bulan ke depan. Jadi awal bulan Juni ditargetkan sudah selesai," kata Bernhard, Selasa (6/4/2021).

Selama ini kedua jembatan itu memang sering memgalami kerusakan akibat dilalui truk trailer maupun kendaraan berat lainnya.

Bahkan jalan yang rusak tersebut cukup parah. 

Baca juga: WASPADA! 2 Wilayah di Jakarta Utara Ini Rawan Aksi Bajing Loncat Karena Jalan Rusak dan Kerap Macet

Baca juga: 25Kg Ikan Lele Ditebar di Kubangan Jalan Curug Nangka, Warga Protes Pemkab Bogor Soal Jalan Rusak

Untuk itu Bernhard mengatakan perbaikan kedua jembatan menggunakan teknik beton cepat keras (rapid setting) yang bisa mengeras dalam waktu sekitar delapan jam.

Proses perbaikan terhadap kedua jembatan yang terakhir diperbaiki dua tahun lalu itu dikerjakan setiap harinya mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB supaya tepat waktu. 

“Perbaikan diawali dengan menambal plat yang rusak. Setelahnya melapisi dengan teknik beton cepat keras supaya jembatan nantinya dilintasi kendaraan berat,” tuturnya. 

Namun demikian, Bernhard menuturkan perbaikan yang dilakukan tidak secara keseluruhan.

Hanya beberapa bagian yang memang konstruksinya sudah rusak sehingga perlu diperbaiki. 

Baca juga: VIDEO Protes Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Ciapus Kabupaten Bogor Lepas Ikan & Bakar Ban

Baca juga: Dari 38 Jembatan Rusak, Baru Jembatan Balong Sari yang Rampung

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan rekayasa arus lalu lintas telah dilakukan guna mencegah kemacetan saat perbaikan. 

Jalur alternatif guna menghindari lokasi perbaikan kedua jembatan seperti Jalan Kebon Baru, Jalan Kebantenan, Jalan Pedongkelan, Jalan Sungai Landak, Jalan Akses Bawah Jembatan, Jalan Raya Gudang Peluru, Jalan Marunda Makmur, Jalan Banjir Kanal Timur, dan Jalan Babek.

"Petugas tentunya ada di sekitar lokasi perbaikan jembatan. Mereka bertugas memberikan petunjuk jalur alternatif kepada pengendara,” tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved