Breaking News:

Virus Corona Jakarta

BESOK DKI Mulai Uji Coba Belajar Tatap Muka di Masa PPKM Mikro, Begini Saran Epidemiolog ke Anies

Epidemiolog Dicky Budiman menyarankan Gubernur DKI Anies Baswedan menyiapkan tenaga kesehatan terkait pelaksanaan uji coba belajar tatap muka.

Wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri
Mulai Rabu (7/4/2021) besok DKI Jakarta akan melaksanakan uji coba belajar tatap muka sekolah. Foto ilustrasi: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meraih penghargaan Happines Award yang sekaligus terpilih menjadi Tokoh Pemberdayaan 2020, pada Kamis (25/2/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Mulai Rabu (7/4/2021) besok DKI Jakarta akan melaksanakan uji coba belajar tatap muka sekolah.

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) terkait dengan pelaksanaan uji coba belajar tatap muka sekolah mulai Rabu (7/4/2021).

Tenaga kesehatan tersebut, kata Dicky, disebar ke setiap sekolah yang  melaksanakan uji coba belajar-mengajar tatap muka untuk melakukan pendampingan.

Video: Taman Nasional Gunung Gede Pangrangngo Obyek Wisata Alam Pilihan di TNGGP

"Pemprov DKI harus melakukan mitigasi secara matang sehingga keputusan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah ini tidak menimbulkan kasus baru Covid-19. Dalam rencana pembukaan sekolah di DKI, harus ada pendampingan oleh Dinas Kesehatan DKI dengan menunjuk puskesmas, klinik, atau dokter praktik untuk memantau setiap sekolah," ujar Dicky saat dihubungi di Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Kehadiran petugas kesehatan yang harus diatur dengan baik ini, lanjut Dicky, bertugas memantau kegiatan sekolah agar tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan paparan Covid-19.

"Setiap sekolah harus jelas siapa pemantaunya karena ini tidak seperti sekolah biasa. Jadi, harus ada pengampu petugas kesehatan," ucap dia.

Baca juga: Pemprov DKI Beri Ijin, Delapan Sekolah Dasar di Jakarta Barat Bakal Gelar KBM Tatap Muka di Sekolah

Baca juga: Ada 8 SD di Jakarta Barat Mulai Pembelajaran Tatap Muka, Ini Persyaratan yang Wajib Dipenuhi

Dicky juga ketika ditemukan kasus Covid-19 baik di kalangan siswa, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya kegiatan uji coba itu wajib dihentikan sementara.

Untuk petugas kesehatan yang ditunjuk Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI itu, mesti melakukan tindakan lanjutan dengan cara penelusuran kontak (tracing).

"Jangan lupa ada rem darurat ketika misalnya dalam satu kelas atau kelompok yang positif satu orang, itu sudah harus membuat kelompok itu karantina dulu dua minggu, sembari nanti di-'tracing'," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved