Breaking News:

Tak Keberatan Rumahnya Dibedah Jadi Rumah Panggung, Sukandi: Yang Penting Gratis

Di wilayahnya ada 32 rumah yang dibedah dengan rincian, 18 rumah dibedah total dan 14 rumah lainnya dibedah tampak.

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Puluhan rumah di RT 13 RW 4, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dibedah untuk menjadi rumah panggung demi mengatasi banjir yang kerap melanda kawasan tersebut.  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Puluhan rumah di wilayah RT 13/04, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dibedah menjadi rumah panggung. Warga pun antusias dengan perbaikan tanpa dikenakan biaya itu. 

Seorang pemilik rumah yang dibedah, Sukandi (56), menceritakan dirinya tak merasa keberatan dengan konsep rumah panggung. Apalagi dia tidak dikenakan biaya perbaikan sama sekali. “Kalau saya dari awal nggak menolak konsep rumah panggung, yang penting gratis saja,” ujar Sukandi, Senin (5/4/2021). 

Sukandi menceritakan ia diminta menyerahkan fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP kepada Bazis Baznas DKI Jakarta sebelum proses bedah rumah panggung dengan tiga lantai tersebut. "Malah ada warga yang mengajukan rumahnya direnovasi tapi ditolak karena kondisi rumah nggak terlalu rusak," kata Sukandi.

Baca juga: COVAX Targetkan Distribusi Vaksin ke 100 Negara Beberapa Pekan ke Depan

Baca juga: Tingkatkan Kemandirian Masyarakat, Kemensos Perkuat Program Pemberdayaan Sosial

Selama proses renovasi, Sukandi dan anggota keluarganya memilih tinggal di rumah kerabatnya yang masih berada di kawasan tersebut meski mendapat biaya kontrakan Rp 500.000 per bulan. "Sekarang warga malah pada menyambut baik renovasi," ujarnya.

Ketua RT 13/04 Kampung Melayu Sanusi mengatakan bahwa di wilayahnya ada 32 rumah yang dibedah dengan rincian, 18 rumah dibedah total dan 14 rumah lainnya dibedah tampak.  Sementara di wilayah lain tepatnya di RT 011 RW 05 Kampung Melayu yang lokasinya berada persis di samping RT 013 RW 004 Kampung Melayu, ada 8 rumah yang dibedah tampak. 

"Warga yang rumahnya direnovasi total kondisinya sudah rusak parah karena banjir. Memang di sini setiap bulan ada banjir," tuturnya. 

Baca juga: Hadiri UMKM Network and Business, Ganjar Janjikan Beri Pelatihan dan Pendampingan UMKM

Baca juga: Gagal di Piala Menpora, Skuad Bhayangkara Solo FC Langsung Berlatih Kembali Persiapan Liga 1

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @dkijakarta menuliskan rencana pembangunan rumah panggung bagi warga di RT 13 RW 04 Kampung Melayu, Jatinegara. 

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan ada 40 rumah yang akan direnovasi menjadi model panggung dengan tiga lantai agar tidak lagi tergenang banjir.

"Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial. Sebelum lebaran kita targetkan ini sudah selesai," kata Anwar, dalam unggahan tersebut.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved