Breaking News:

Sanggup Persingkat Waktu Perjalanan, Wali Kota Depok Ajak Naik Bus Ini Ketimbang Kendaraan Pribadi

“60 persen warga Depok ini bersifat commuter, bekerja di Jakarta dan sekitarnya, pulang ke Depok untuk beristirahat,” papar Idris

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan layanan D’GOL atau Depok Go Lancar ini sebagai alternatif mengatasi kepadatan kendaraan di akhir pekan di Kota Depok. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK --- Setelah resmi diluncurkan pada Rabu 24 Maret 2021 lalu, kini masyarakat Kota Depok bisa menggunakan angkutan Jabodetabek Residence Connexion (JRC) dan Bus Rapid Transit (BRT).

Dalam peresmian yang dilakukan langsung Wali Kota Depok Mohammad Idris, terdapat 11 bus diluncurkan yang terbagi menjadi 6 bus untuk JRC dan 5 bus medium untuk BRT.

JRC dan BRT ini dikatakan Idris merupakan fasilitas yang dibutuhkan warga Depok, sebab mampu memangkas waktu perjalanan bila dibandingkan dengan membawa kendaraan pribadi.

“60 persen warga Depok ini bersifat commuter, bekerja di Jakarta dan sekitarnya, pulang ke Depok untuk beristirahat,” papar Idris saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (3/4/2021).

Menurutnya, layanan D’GOL atau Depok Go Lancar ini sebagai alternatif mengatasi kepadatan kendaraan di akhir pekan di Kota Depok.

“Kolaborasi Pemkot Depok dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) kita namakan D’Gol atau Depok Go Lancar. Harapan kami transportasi di Depok menjadi semakin lancar,” tuturnya.

Oleh karena itu, Idris mengajak masyarakat Depok untuk menggunakan transportasi bus tersebut, selain itu, kedua bus tersebut yakni JRC dan BRT memiliki fasilitas yang baik.

“Kini layanan bus semakin baik, nyaman digunakan. Dengan jarak tempuh yang relatif cepat, sehingga dapat mengurangi kemacetan karena penggunaan kendaraan pribadi,” akunya.

Untuk rute bus JRC, yakni Terminal Sub Sawangan - Juanda via Tol Sawangan - MRT Fatmawati - Bundaran Senayan dengan pembagian waktu keberangkatan pada pukul 05.30, 06.00, 06.30 dan jam kepulangan 16.30, 17.30, 20.00 WIB. Tarif dalam masa uji coba yang sangat terjangkau yaitu Rp 25.000.

Sedangkan, bus JRC dengan rute Garden at Candi - MRT Lebak Bulus via Pool Ciputat - UIN dengan jam keberangkatan 05.30, 06.00, 06.30 dan jam kepulangan 16.30, 17.30 dan 20.00 WIB. Untuk tarif uji coba sebesar Rp 20.000.

Meski baru meluncurkan belasan bus, namun jika minat masyarakat tinggi teehadap layanan kedua bus tersebut, maka tak menutup kemungkinan akan ditambah baik armada maupun jam operasionalnya.

Bus yang telah diluncurkan ini memiliki banyak fasilitas. Di antaranya wifi, stop kontak charger, AC, reclining seat.

Pada masa pandemi ini juga para penumpang wajib memakai masker, selain itu ada pula penyediaan hand sanitizer dan pengukuran suhu tubuh yang tersedia di armada untuk penumpang sebelum memasuki armada bus JRC Perum PPD.

Pembersihan pada armada juga dilakukan baik pada bagian dalam atau interior dan juga bagian luar atau eksterior dengan menggunakan cairan disinfektan.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved