Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Pengaruh La Nina, Hujan Sedang Hingga Lebat Berpotensi Terjadi di Jakarta dan Sejumlah Daerah Ini

Prakiraan cuaca BMKG menunjukkan hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Jakarta dan sejumlah daerah seminggu ke depan.

Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Hujan deras mengguyur kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (24/1) sore. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Prakiraan cuaca BMKG menunjukkan hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Jakarta dan sejumlah daerah seminggu ke depan.

Fenomena alam tersebut dialami warga Jakarta dan sekitarnya yang akhir pekan ini menerima hujan dengan intensitas cukup tinggi dalam dua hari terakhir.

BMKG memperkirakan, kondisi cuaca tersebut dipengaruhi fenomena La Nina berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut. 

Baca juga: Imbas La Nina hingga Hujan Sepanjang Musim Kemarau, Produksi Garam Nasional Merosot Tahun 2020

Fenomena La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral.

Dikutip dari siaran pers BMKG, Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan.

BMKG sebagai _Tropical Cyclone Warning Center_ (TCWC) Jakarta mendeteksi adanya adanya 2 (dua) BIBIT SIKLON TROPIS, yaitu bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Minggu 28 Maret 2021 BMKG: Waspada, Dua Wilayah Ini Akan Diguyur Hujan-Kilat

Intensitas kedua Bibit Siklon Tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Selain itu dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatkan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia. 

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Kamis 1 April 2021, BMKG: Pagi Ini Hujan Guyur Jakarta Merata, Waspadai Petir

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved