Breaking News:

Jelang Ramadan Harga Daging Sapi Mahal, Pedagang Sebut Antusiasme Warga Tidak Seperti Tahun Lalu

“Kalau tahun lalu, biasanya seminggu sampai 2 minggu sebelum puasa masyarakat banyak yang sudah nyetok, beli banyak. Khawatir harga mahal

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
Warta Kota
Suasana los daging Pasar Baru, Kota Bekasi pada Sabtu (3/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI --- Momen jelang puasa biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk membeli barang-barang kebutuhan pangan sebelum harganya melonjak.

Namun sekarang, tren tersebut tidak terjadi pada bulan puasa 2021 ini.

Seperti dikatakan Iswadi (40), pedagang daging di Pasar Baru Bekasi. Biasanya, cukup banyak masyarakat yang menyetok daging sapi sebelum harganya naik.

“Kalau tahun lalu, biasanya seminggu sampai 2 minggu sebelum puasa masyarakat banyak yang sudah nyetok, beli banyak. Khawatir harga mahal,” kata Iswadi di lokasi, Sabtu (3/4/2021).

Namun kini, mahalnya harga daging menyebabkan menurunnya antusiasme masyarakat untuk membeli daging sapi, diketahui bahwa harga daging masih stagnan di harga Rp 120.000 per kilogram.

“Antusiasme warga enggak seperti tahun lalu. Kalau daging ini kan pilihan ya. Bisa diganti pakai protein lain seperti ayam atau ikan, kalau daging sapi mahal,” ungkapnya.

Padahal, harga daging sapi diprediksi naik hingga Rp 140 ribu per kilogram saat bulan puasa tiba. Hal itu dikarenakan berkurangnya stok daging impor asal Australia yang masuk ke Indonesia.

Pedagang lain bernama Sulaiman (37) mengatakan sudah lama menahan diri untuk tidak menaikkan harga daging sapi meski harga beli di rumah potong hewan (RPH) terus melonjak sejak Oktober 2020 lalu.

“Normalnya per kilogram itu Rp 85 ribu dari RPH, sekarang belinya Rp 97 ribu sejak Oktober. Sudah hampir setengah tahun, yang sempat demo itu, tapi enggak ngaruh, malah naik terus,” kata Sulaiman.

Oleh sebab itu, awal puasa harga daging diprediksi bakal naik hingga Rp 140 ribu per kilogram.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved