Berita Video

VIDEO Ketahuan Maling Kotak Amal Masjid, Pria ini Dikeroyok Warga Pondok Gede Bekasi

Dalam rekaman tersebut, pelaku datang seorang diri mengenakan jaket berwarna hitam lengkap dengan kupluk penutup kepala.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, Pondok Gede -- Seorang pria yang hendak mencuri kotak amal dikeroyok warga saat beraksi di Masjid Huda Islam, Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

Video penangkapan maling kotak amal viral di media sosial melalui akun instagram @bekasi.terkini yang mengunggah detik-detik saat pelaku beraksi.

Dalam rekaman tersebut, pelaku datang seorang diri mengenakan jaket berwarna hitam lengkap dengan kupluk penutup kepala.

Ia masuk ke dalam masjid yang pada saat itu dalam keadaan kosong, peristiwa diketahui terjadi pada dini hari sekira pukul 01.42 WIB.

Pelaku kemudian terlihat membawa dua unit kotak amal yang ada di dalam masjid ke area tempat solat perempuan yang tertutup tirai.

Di tempat tersebut, pelaku menghantam bagian penutup kotak amal menggunakan tangan kosong hingga pecah dan langsung meraup uang yang ada di dalamnya.

Kanit Reskrim Polsek Pondokgede Iptu Santri Dirga membenarkan peristiwa yang ada pada video tersebut, aksi pencurian terjadi pada Rabu (31/3/2021) dini hari.

"Benar kejadian di wilayah hukum Pondokgede, pelaku berjumlah satu orang," kata Dirga saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021).

Pelaku diketahui berinisial MFH(19), yang berdomisili di Citra Raya, Cikupa, Tangerang, Banten. Dia tinggal mengontrak tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP).

Dirga menambahkan, pelaku berhasil diamankan oleh warga. Pengurus masjid baru menyadari aksi pencurian uang kotak amal ketika hendak memulai salat subuh.

"Pengurus masjid melihat dua kotak amal dalam keadaan sudah rusak, bagian atas penutupmya pecah dan uang di dalamnya sudan raib," ucap Dirga.

Dari temuan itu, pengurus masjid lalu mengecek rekaman CCTV masjid. Terlihat aksi pelaku dari pertama datang hingga membobol kotak amal masjid.

"Seorang pengurus masjid ketika melihat rekaman CCTV ada yang mengenali pelaku karena tinggal tidak jauh dari masjid," terang Dirga.

Pengurus masjid bersama warga setempat lalu menyatroni kontrakan pelaku, di sana, ia langsung dihajar hingga babak belur dan mengakui perbuatannya.

"Pelaku dibawa ke polsek, bersama barang bukti uang serta kotak amal, kami juga mengamankan rekaman CCTV," tutur Dirga.

Namun, pihak pengurus masjid menolak untuk melanjutkan kasus ke ranah hukum. Mereka memilih, menyelesaikan kasus dengan cara kekeluargaan.

"Pihak pengurus masjid memilih tidak melanjutkan proses hukum, tetapi pelaku tetap kami tahan 1×24 jam, masuk kategori tindak pidana ringan kerugian Rp200 ribu," ucapnya. (abs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved