Breaking News:

Gereja Katedral Jakarta Selenggarakan 2 Misa pada Jumat Agung

Gereja Katedral Jakarta menggelar dua misa pada peringatan Jumat Agung sebagai bagian dari Tri Hari Suci Paskah.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Joko Supriyanto
Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Petugas Humas Keuskupan Agung Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengatakan, dalam peringatan Jumat Agung, pihaknya menggelar dua kali misa.

Adapun misa pertama digelar pada pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dengan kapasitas 20 persen jemaah yang hadir dalam tatap muka.

"Hari ini akan dilaksanakan dua kali misa tatap muka disertai daring yaitu di pukul 15.00 WIB dan pukul 18.00 WIB," kata Susyana Suwadie di Gereja Katedral, Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Tata Cara Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Hanya Dibolehkan Usia 18-59 Tahun

Pada misa pertama akan dipimpin oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo.

Biasanya pada perayaan Jumat Agung ada  penghormatan salib, dimana umat akan mendekat ke altar dan mencium salib lalu berlutut.

Hanya saja karena dalam situasi pandemi, kegiatan itu dilakukan hanya penghormatan salib yang diangkat oleh petugas dari depan.

Dengan begitu umat tidak lagi menuju altar Gereja.

Pihaknya juga memastikan jika Ibadah dilakukan protokol ketat, bahkan kapasitas jemaat yang datang pun hanya 20 persen atau 309 jemaat yang hadir dalam satu sesi. Mereka pun juga diwajikan mendaftar online terlebih dahulu.

Baca juga: VIDEO Polisi Sisir Gereja Katedral Jakarta Jelang Jumat Agung

"Khusus Gereja Katedral jadi kapasitas hanya 309 di mana di dalam Gereja 200 orang dan plaza maria sebelah pintu samping gereja 109 orang," ujarnya.

Terkait pengamanan, sejak kemarin dikatakan Susyana Suwadie, personel TNI-Polri selalu dukung dengan mengamankan situasi di sekitar lokasi gereja katedral, bahkan Kapolda Metro juga telah memantau langsung jalannya pengamanan.

"Kami semua turut serta menghaturkan beribu terima kaish atas nama Keuskupan Katolik dan Gereja Katedral Jakarta karena begitu besar dukungsn utk mengamankan wilayah seputar gereja Katedral dan Gereja-gereja lainnya selama berlangusngnya tri hari suci," ucapnya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved