Berita Jakarta

Tekan Melonjaknya Harga Cabai Jelang Lebaran, Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar Murah

Tekan Melonjaknya Harga Cabai, Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar Murah. Harga Cabai rawit merah ditawarkan seharga Rp 32.000 per kilogram.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
Dok. PT Food Station Tjipinang Jaya
Ilustrasi kegiatan Pasar Murah yang diselenggarakan di 70 kelurahan se-Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta menggandeng Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian RI untuk menggelar operasi cabai rawit murah.

Tujuannya, supaya harga cabai rawit merah yang kini naik hingga Rp 100.000 lebih per kilogram dapat kembali stabil.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, operasi cabai rawit murah digelar selama tujuh hari dari Rabu (31/3/2021) sampai Selasa (6/4/2021) mendatang. Operasi itu juga digelar di beberapa tempat, di antaranya sejumlah pasar, kantor kelurahan dan rusun.

“Pelaksanaan operasi cabai rawit murah berlangsung pada 31 Maret hingga 6 April 2021, dengan harga khusus sebesar Rp 32.000 per kilogram,” kata Suharini berdasarkan keterangan tertulis pada Rabu (31/3/2021).

Suharini mengatakan, operasi cabai rawit merah ini tidak hanya digelar di DKI Jakarta, tapi BPK Kementan RI juga menggelarnya di Kota Bogor, Kota Depok. Total lokasinya mencapai 25 tempat yang tersebar di tiga daerah tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari DKPKP DKI Jakarta, untuk 31 Maret - 1 April operasi cabai rawit dilaksanakan di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, PMT Pasae Klender, Pasar Lenteng Agung, Kelurahan Pademangan Timur, Kelurahan Tebet Barat, Rusun Pangadegan dan Rusun Daan Mogot.

Baca juga: Wujudkan Pariwisata Ramah Lingkungan, Sandiaga Uno Gandeng Toyota Hadirkan Mobil Listrik di Bali

Kemudian 3 - 4 April dilaksanakan di PMT Pasar Minggu, PMT Klender, Pasar Jatinegara, Kelurahan Manggarai Selatan, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Rusun Tipar Cakung serta Rusun Penggilingan.

Sedangkan 5 - 6 April digelar di PMT Pasar Minggu, PMT Klender, Pasar Cengkareng, Kelurahan Koja, Kelurahan Pesanggrahan, Rusun Cipinang B. Selatan dan Rusun Muara Baru.

Dalam kesempatan itu, Suharini memastikan pasokan pangan dan harga tetap terjaga menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021.

Dalam upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan strategis, Pemprov DKI Jakarta melakukan beberapa upaya, selain menggelar operasi cabai rawit murah.

Baca juga: Jadi Solusi Bagi Masyarakat Hadapi Pandemi Covid-19, Iskandar Gelorakan Bakti Sosial Jumat Barokah

Di antaranya melakukan koordinasi stok pangan dengan Bulog, BUMD Pangan, OPD terkait dan para pelaku usaha pangan (importir, distributor, asosiasi dan pedagang), kemudian melakukan pemantauan harga dan stok pangan strategis di Pasar Induk, Pasar eceran/ pasar tradisional dan pasar modern

Kemudian BUMD pangan bekerjasama dengan kantor-kantor Pemerintah Kota untuk melaksanakan pasar murah menggunakan mobile food truck dengan menyediakan paket-paket sembako hemat.

Lalu PPKUKM bekerja sama dengan BUMD Pangan, DKPKP dan OPD lainnya akan menggelar operasi pasar murah.

“Untuk memastikan pangan yang beredar aman dari bahan kimia berbahaya, DKPKP beserta OPD terkait melakukan pengawasan keamanan mutu pangan terpadu pangan segar hasil pertanian, perikanan dan peternakan di 152 lokasi (pasar induk, pasad tradisional, pasar modern dan sentra produksi),” katanya.

Berdasarkan monitoring petugas DKPKP di lapangan, kata dia, stok pangan seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, gula pasir serta minyak goreng aman tersedia.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2021. DKPKP juga akan terus berkoordinasi dengab Satgas Pangan, BUMD Pangan, BKP - Kementan.

Selain itu, Dinas PPKUKM dan Bulog melakukan monitoring harga dan stok pangan, menggelar pasar murah serta operasi pasar untuk meringankan beban masyarakat jika terjadi kenaikan harga pangan. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved