Breaking News:

Terorisme

Kalangan Milenial Harus Kritis Menyikapi Setiap Isu Agar Tidak Mudah Terpapar Paham Terorisme

Pelaku pengeboman bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar diketahui berasal dari kalangan milenial.

Tribunnews.com
Ilustrasi - Pasukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menggiring tahanan tersangka teroris menuju ke dalam pesawat di Bandara Radin Inten, Brantiraya, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (16/12/2020).Tribun Lampung/Deni Saputra 

Wartakotalive.com, Jakarta - Pelaku pengeboman bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar diketahui berasal dari kalangan milenial.

Pelaku diketahui kelahiran tahun 1995 dan ini menjadi fakta bahwa paham radikalisme dan terorisme mulai menjangkiti anak-anak muda.

Psikolog Nirmala Ika Kusumaningrum mengatakan agar anak-anak muda kalangan milenial tidak mudah terpapar paham radikalisme dan terorisme, mereka harus berani membuka diri terhadap semua perbedaan dalam kehidupan. Mulai dari perbedaan suku, budaya, agama, keyakinan, selera, sampai gaya hidup sekali pun.

"Karena ketika kita mulai melihat bahwa saya lebih atau paling benar daripada dia atau mereka, perlahan bibit radikal mulai terbentuk," ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Generasi milenial lanjutnya juga harus lebih kritis menyikapi setiap isu. Dengan bersikap kritis, milenial diharapkan bisa terhindar dari kelompok radikal.

"Berpikir kritis akan membantu anak-anak muda bisa terhindar atau minimal akan mempertanyakan aliran-aliran yang radikal," kata Nirmala.

Masalah kritis bukan sesuatu yang terberi. Milenial tidak berarti kritis.

Nirmala memaknai kritis adalah kemampuan untuk terbuka, menganalisis, mendengarkan, mengendapkan, menggali, termasuk menyarikan informasi dari berbagai sumber terkait hal-hal yang ada di sekitar mereka.

Nirmala berpendapat sebenarnya tidak bisa digeneralisir bahwa milenial lebih mudah terjebak gerakan radikal.

Menurut Nirmala, aksi bom bunuh diri seperti di Makassar beberapa hari lalu lebih terkait keimanan.

Halaman
12
Editor: Bambang Putranto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved