Breaking News:

Tilang Elektronik Diberlakukan April 2021, Polri Segera Tambah Kamera Tilang di 21 Polda

Korlantas Polri menambah kamera saat tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai diterapakan di 21 Polda pada April 2021.

Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Kamera pemantau sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) telah merekam pengendara sepeda motor pelanggar, Sabtu (1/2/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM,PALMERAH - Korlantas Polri menambah kamera saat tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai diterapakan di 21 Polda pada April 2021.

Kasidukdikmas Subditdikmas Ditkamsel Korlantas Polri AKBP Danang Sarifudin mengatakan penerapan tilang elektronik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) diterapkan di 21 Polda pada April 2021.

Hal ini dilakukan untuk menghindari polemik setelah Polri meluncurkan penerapan ETLE di 12 Polda secara serentak beberapa waktu lalu.

Baca juga: Selain di JPO Depan Balai Kota Depok Kamera Tilang Elektronik Bakal Dipasang di Tiga Jalan Utama Ini

"April itu 21 Polda, itu sekitar tanggal 20an, akan kami luncurkan," kata AKBP Danang, dalam webminar Adira Insurance terkait Road Safety Behavior Research, Selasa (30/3/2021).

Dikatakan Danang, dengan keberadaan ETLE ini dapat mencegah bersingungan dengan oknum aparat yang barang kali melakukan penyelewengan, atau masyarakat yang masih sering memberikan sesuatu.

"Nah dengan adanya itu (ETLE) bisa menghapus semua. Kedua juga bisa membangunkan tanggung jawab, sehingga tidak bisa di rekayasa," katanya.

Baca juga: Pengendara yang Tak Bayar Denda Tilang Elektronik, STNK Bakal Terblokir Secara Otomatis

Sebelumnya, Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik nasional di 12 Polda jajaran di wilayah di Indonesia.

Peluncuran berlangsung di Gedung Korlantas Polri, Jakarta Timur, dan disaksikan secara virtual di 12 Polda jajaran, Selasa (23/3/2021).

Total ada sebanyak 244 kamera ETLE yang akan diluncurkan di 12 Polda jajaran di Indonesia.

Baca juga: Harap Diperhatikan, Tilang Elektronik di Kabupaten Bekasi Mulai Diterapkan 23 Maret 2021

Diantaranya adalah adalah 98 titik di Polda Metro Jaya, 56 titik di Polda Jawa Timur, 21 titik Polda Jawa Barat, 16 titik di Polda Sulawesi Selatan.

"ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement atau yang biasa dikenal dengan tilang elektronik ini merupakan salah satu program yang harus kami wujudkan. Alhamdulillah, hari ini kita akan melaunching secara bersamaan di 12 provinsi dengan 224 titik," kata Listyo Sigit.

Ke depan kata Listyo, ETLE akan kita terus dikembangkan ke 34 provinsi dan tiap Ibu Kota Kabupaten/Kotamadya. "Karena program ETLE ini merupakan salah satu program yang menjadi perhatian Presiden Jokowi," katanya.

Baca juga: Tilang Elektronik Mulai Berlaku, Apakah Tilang Manual Tetap Ada? Ini Penjelasan Polri

Listyo berharap dengan adanya sistem ETLE ini bisa mewujudkan prinsip-prinsip Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltiblancar) lalu lintas di jalan.

"Impian kami ke depan, Polisi Lalu Lintas hanya melaksanakan tugas-tugas bersifat mengurai kemacetan, menolong masyarakat yang mengalami kecelakaan di jalan, dan melakukan kegiatan yang saat itu membutuhkan kehadiran Polantas," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved