Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Tangkal Mutasi Baru, Sejumlah Produsen Kaji Pemberian Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Pihak produsen Pfizer-BioNTech menyatakan, sejauh ini belum menemukan laporan dari lapangan tentang gangguan kerja vaksin akibat varian baru.

Editor: Yaspen Martinus
shutterstock via Kompas.com
Sejumlah perusahaan vaksin Covid-19 sedang mengkaji kemungkinan pemberian dosis ketiga. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Tjandra Yoga Aditama mengemukakan, sejumlah perusahaan vaksin Covid-19 sedang mengkaji kemungkinan pemberian dosis ketiga.

Hal itu untuk meningkatkan efektifitas kerja dalam menangkal mutasi baru Covid-19.

Selain perusahaan farmasi asal Tiongkok Sinovac, perusahaan Pfizer-BioNTech juga sudah mengumumkan mereka akan memulai penelitian untuk pemberian dosis ketiga vaksin mereka, dalam waktu sebulan ini.

Baca juga: JADWAL Lengkap dan Link Live Streaming Misa Kamis Putih 1 April 2021 di Jakarta dan Sekitarnya

"Sementara ini mereka akan melakukan penelitian pemberian dosis ketiga ini pada peserta uji klinik yang sudah menerima dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech, beberapa bulan yang lalu," ujar Prof Tjandra lewat keterangan tertulis, Senin (29/3/2021).

Pihak produsen Pfizer-BioNTech menyatakan, sejauh ini belum menemukan laporan dari lapangan tentang gangguan kerja vaksin akibat varian baru.

"Mereka mencoba antisipasi saja, antara lain dengan melakukan penelitian pemberian dosis ketiga ini," terangnya.

Baca juga: L dan YSF, Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar, Baru Menikah 6 Bulan

Tjandra mengatakan, jika nanti dosis ketiga ternyata tidak memberi hasil yang memuaskan, maka Pfizer juga sudah memulai proses kemungkinan modifikasi, dan membuat vaksin baru untuk menangani perkembangan varian baru.

"Kalau diperlukan maka proses ini hanya akan makan waktu 6 sampai 8 minggu saja," ungkap pria yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Ahli Penanggulangan Tuberkulosis 2021 itu.

Produsen vaksin Moderna juga mengkaji pemberian dosis ketiga dengan tiga pendekatan.

Baca juga: AHY Minta Moeldoko Bertanggung Jawab Soal Tudingan Ada Tarikan Ideologi di Partai Demokrat

Pertama, menggunakan vaksin yang lama tetapi dengan dosis yang lebih rendah, menggunakan vaksin yang sudah dimodifikasi dan memberikan kombinasi vaksin lama dengan vaksin yang sudah dimodifikasi.

Penelitian awal vaksin Moderna menunjukkan varian baru B117 tidak mempengaruhi kadar antibodi netralisasi sesudah vaksinasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved